Belajar & Praktek Affiliate Marketing

By ZULFIANTO | Affiliate

Sep 23

Dari sekian banyak Model Bisnis Online, Affiliate Marketing adalah salah satu yang paling banyak dilakukan oleh para praktisi Bisnis Online baik dari Indonesia hingga ke Mancanegara.

mengapa bisa begitu ? karena model bisnis Affiliate Marketing ini sebenarnya hampir tidak memerlukan modal sama sekali, produk dari vendor, bahan promosi dari vendor, dan kebutuhan lainnya juga dari vendor. si Affiliate (sebutan untuk yang mempromosikan produk) cukup menyebarkan informasi menggunakan media yang dimiliki.

sebelum saya lanjutkan tulisan ini, saya ingin menjelaskan dulu apa sih Affiliate Marketing ini, siapa saja yang bisa menjalani model bisnis ini, dan bagaimana cara menjalankan bisnis Affiliate Marketing ini agar nanti nya ga begitu banyak lagi yang bingung.

yuk, disimak yah… 🙂

Apa itu affiliate marketing

Menurut pemahaman dan bahasa saya sendiri, Affiliate Marketing adalah kegiatan menjual atau mempromosikan barang orang lain (yang sudah dicoba sendiri, ataupun belum) yang halaman penjualan atau media transaksi nya menggunakan platform milik vendor, dan apabila terjadi penjualan dari link yang dimiliki oleh si affiliate, maka akan mendapatkan komisi dari Vendor ataupun pemilik produk yang kita promosikan tersebut.

Vendor : si pemilik produk/perusahaan.

nah sampai disini faham yah… kalau belum faham saya Analogikan begini :

Vendor (Pemilik Produk) menjual produk nya -> menggunakan platform membership -> Menyediakan Fiture Affiliasi

kemudian

Affiliate (yang mempromosikan produk) -> Mendaftar di Platform Membership -> daftar jadi Affiliate -> Mendapatkan Link Unique Affiliasi -> Menyebarkan Link Unique (dengan edukasi dan menfaat produk) -> Mendapatkan Penjualan dari Link Unique yang disebarkan -> Mendapatkan Komisi -> Mendapatkan Pembayaran sesuai waktu yang di tentukan -> mendatangkan penjualan sebanyak-banyaknya.

Faham yah ???

jika sudah faham, lanjutkan ke penjelasan berikutnya nih. kalau belum faham ulang-ulangi melihat penjelasan diatas.

Siapa saja yang bisa menjalankan bisnis model Affiliate Marketing

Selama ada kemauan, usaha yang gigih, semangat yang menggebu-gebu, dan tujuan positif untuk mencari rezeki, siapapun bisa menjalankan bisnis model ini. Tidak perduli Pria, Wanita, laki-laki, wanita, remaja, dewasa, bapak-bapak, ibu-ibu, orang tua sekalipun, bisa menjalankan bisnis model affiliate marketing ini.

Tapi hal yang paling terpenting menurut saya adalah, produk yang kita rekomendasikan atau promosikan ke orang banyak adalah produk yang memang sudah terbukti memberikan manfaat, kualitasnya juga bukan ecek ecek, dan support nya juga ada. Intinya produk yang memang benar-benar membantu kebutuhan pembeli nya, dan yang terpenting lagi adalah, sebelum kita mempromosikan produk tersebut, kita sudah benar-benar mencoba dan memahami produk itu.

Baca Juga  Idaff Gunakan Sistem Microservices Berbasis Cloud

Jadi kita juga ga asal promosi, dan juga bisa totalitas mempromosikan nya, bukan hasil ngarang-ngarang. karena kita sudah mencoba, sudah faham, jadi mengerti bagaimana cara mempromosikan nya.

dan juga bisa menjawab pertanyaan dari calon pembeli kita nantinya.

Contoh :

Kondisinya : Saya memiliki banyak teman yang menjual produk secara Online (market place, dropship, reseller)
ps : Nanti dibahas apa itu Marketplace, Dropship, dan Reseller

Masalahnya : Dari sekian banyak temen-temen saya yang menjual produk digital, 73% diantaranya mengalami masalah hampir sama yaitu, susah nya mencari Supplier terpercaya, menemukan produk yang terbukti laris, mengetahui trend produk yang lagi booming, dan lain-lain.

Dari kondisi dan masalah tersebut, seharus nya kita sebagai penjual juga (dalam hal ini artinya Affiliate Marketing) harus jeli melihat peluang.

kita harus bisa menjadi “SOLUSI BAGI MASALAH MEREKA“.

Nah.. kebetulan, saya punya temen yang menjual produk berbentuk software yang berfungsi untuk menemukan produk yang terbukti laris di Indonesia, Supplier dengan penjualan terbanyak, melihat berbagai macam data lainnya hanya dengan sekali klik.

Nama produk nya adalah Risetic (boleh klik disini yah), harganya juga tidak mahal, dan manfaat nya juga besar bagi masalah teman-teman saya.

Kesimpulan : dari kondisi dan masalah itu bisa kita jadikan peluang untuk mempromosikan produk Risetic, yang harus saya lakukan adalah. buat halaman penjelasan tentang masalah mereka, kemudian berikan tips, dan sarankan menggunakan Risetic.

(TIDAK LUPA SAYA SISIPKAN LINK AFFILIATE RISETIC)

sampai disini FAHAM yah… kalau belum, ulang lagi baca keatas.

Cara Menjalankan Bisnis Affiliate Marketing

oke, tulisan diatas sudah cukup panjang menurut saya… saya sruput kopi dulu, menjelang lanjutin tulisan ini.

Sluuurrrpppp… (skip)

Oke kita lanjutkan yah, bagaimana sih cara nya menjalankan bisnis online model Affiliate Marketing ini ?

Fahami dulu apa itu Affiliate Marketing

Seperti yang saya jelaskan diatas, pengertian affiliate marketing adalah mempromosikan produk kepada orang yang membutuhkan manfaatnya dan nantinya kita mendapatkan bayaran apabila ada terjadi penjualan dari link affiliasi yang kita promosikan.

Bisa Membaca situasi, atau memanfaatkan keadaan

Hehe, rada ngenes yah bahasa nya. tapi berdasarkan penjelasan diatas juga sudah saya analogikan bagaimana caranya kita bisa melihat peluang dan menjadi manfaat untuk orang yang membutuhkan, karena kata salah satu Guru Internet marketing di Indonesia “Kegiatan Berjualan adalah kegiatan berbagi manfaat yang dibayar dengan UANG“.

Baca Juga  8 Kesalahan Terbesar yang Dilakukan Pelaku Affiliate Marketing

Memiliki List / Membangun List Building

Nah, list building ini penting… ibaratnya kita punya kolam, yang selalu kita rawat dan pelihara untuk nantinya kita petik atau panen hasil nya dari usaha kita memelihara list atau database tersebut.

List disini artinya audience yah (contoh : saya punya daftar pertemanan emak-emak muda, yang hobby shoping, punya anak, dan lain-lain) berarti list saya, atau audience saya adalah MAHMUD Cantik yang punya anak kecil, dan doyan belanja.

Cara membangun list building bisa memanfaatkan berbagai channel, salah satunya :

  1. Facebook Group / Fanspage
  2. WhatsApp Group
  3. Channel / Group Telegram
  4. Email Marketing System

Nanti akan dibahas lagi mengenai list building yah, kemudian selanjutnya adalah.

Memiliki Sarana Promosi Untuk Deskripsi Produk

Walaupun kita sudah memiliki beberapa channel, katakanlah WA Group, Telegram Group dan lainnya. Kita tetap harus memiliki Sarana promosi sendiri untuk mendeskripsikan secara lengkap produk yang kita promosikan.

Contohnya adalah Website, karena website ini ibarat kantor virtual atau toko online kita, orang bisa melihat secara lengkap apa saja yang kita sediakan, berbagai macam informasi bisa kita sajikan.

Belum bisa bikin website ? > Belajar Disini Aja Gratis (klik aja)

Selalu memberikan Edukasi atau sharing bermanfaat kepada Audience.

Sudah dijelaskan diatas, bahwa kolam atau audience itu harus dirawat dijaga dan di pelihara dengan cara memberikan sesuatu yang bermanfaat. Jangan melulu jualan (jangan di panen terus, tar habis), yang ada nanti audience anda akan kabur karena mulai tidak nyaman.

Rajin Praktek dan Konsisten.

Sudah faham semuanya, sudah mulai menjalankan aktifitasnya, hal yang sangat penting itu selanjutnya adalah RAJIN PRAKTEK DAN SELALU KONSISTEN.

Penutupan

Yang namanya ada Opening, pasti ada Penutupan lah ya, intinya sih tulisan iseng saya segini aja dulu, saran saya banyakin praktek, jangan sibuk belajar mulu.

Belajar nya sekali-sekali aja, yang perlu sering dilakukan adalah praktekin yang sudah dipelajari dan selalu diulang-ulang. Yakin lah, pasti ada hasil nya.

Kapan? ya tunggu aja, ga ada orang yang menanam sesuatu bisa langsung panen.
Mau lanjutan materinya? Subscribe aja di list email saya… saya sering share via email.

 

 

Salam Ketjub,

 

ZULFIANTO

ps : tulisan iseng, karena sudah mulai banyak yang bertanya bagaimana cara bermain Affiliate Marketing.

Suka artikel ini? bagikan!

Berikan Rating anda untuk tulisan ini

Follow

About the Author

Seorang Newbie yang berasal dari pekanbaru, dan menggeluti bidang Bisnis Internet (Full Internet Marketer)