Category Archives for "blogging"

Jun 04

Tips Memilih Niche Blogging 5/5 (2)

By ZULFIANTO | blogging

Apakah Anda mempertimbangkan untuk memulai sebuah blog ? Keren! Anda memiliki langkah pertama.

Sekarang Anda harus memutuskan apa isi blog Anda. Tentu saja, Anda selalu dapat memulai blog berbicara tentang apa saja dan segalanya. Namun, jenis blog ini tidak sukses.

Itu karena orang mencari di Internet hanya karena satu alasan: untuk memecahkan masalah.

Masalah itu mungkin untuk menemukan hiburan, atau mungkin untuk menjawab pertanyaan. Bisa jadi sejumlah masalah yang bisa dibayangkan. Tetapi ketika pembaca mencari untuk memecahkan masalah dan blog Anda tidak lain hanyalah ocehan pada topik acak, bagaimana blog Anda akan memecahkan masalah mereka?

Itu sebabnya blog niche populer. Misalnya, jika Anda ingin tetap mengikuti perkembangan tren mode, Anda akan mengikuti blog mode karena Anda percaya bahwa mereka akan terus memecahkan masalah Anda. Jika Anda ingin mengurangi kebosanan, Anda dapat menekan Buzzfeed atau sejumlah blog hiburan yang terus memberikan solusi untuk kebosanan Anda.

Blog niche menyempitkan target audiens Anda, tetapi juga membuat mereka datang kembali.

Bagaimana tepatnya Anda “menemukan ceruk pasar Anda?” Lihat tips-tipsnya di bawah ini.

Pilih Sesuatu yang Anda Ketahui dan Cintai

Seorang Pakar akan terus memberi tahu Anda untuk menulis tentang apa yang Anda sukai. Mungkin terdengar klise dan sedikit tidak realistis di permukaan, tetapi ada alasan untuk itu.

Stacey Roberts di ProBlogger mengatakan, “Sesuatu yang tampak hadir dan yang bersinar di blog yang saya baca dan sukai adalah gairah.

Ketika Anda menulis blog tentang apa yang Anda sukai, beberapa hal terjadi:

  1. Anda lebih cenderung meluangkan waktu dan upaya ke blog Anda untuk membuatnya bersinar.
  2. Anda cenderung tidak akan meninggalkan blog Anda di masa depan.
  3. Anda cenderung kehabisan ide.
  4. Itu ditunjukkan melalui tulisan Anda, dan pembaca Anda dapat merasakannya. Ini, pada gilirannya, akan mengarah pada pengikut yang lebih besar.

Jika Anda mengikuti rute lain dan memilih Niche Lain hanya karena semata menurut Anda itu menguntungkan, Anda pasti akan mengalami kelelahan dan ketidakpuasan. Kerugian lain jika anda fokus ke “profitabilitas” adalah Anda mungkin tidak memiliki banyak pengetahuan dalam Niche tersebut seperti yang Anda lakukan dalam apa yang Anda sukai. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda bicarakan, mengapa ada orang yang membaca blog Anda?

How to Find Your Passion / Cara Menemukan Gairah Anda

Oke, jadi mengikuti hasrat Anda akan baik-baik saja dan keren jika Anda tahu apa hasrat Anda. Hanya beberapa pertanyaan untuk Anda mulai sertakan:

  • Apa hobimu?
  • Bagaimana Anda menghabiskan waktu luang Anda?
  • Apa satu topik yang dapat Anda teruskan selama berjam-jam jika teman atau keluarga Anda membiarkan Anda?
  • Jenis kelas apa yang Anda nikmati di sekolah menengah atau perguruan tinggi?
  • Apa yang Anda suka baca dan pelajari?
  • Jika Anda dapat melakukan satu hal di sisa hidup Anda tanpa menghiraukan gaji, apa yang akan Anda lakukan?

Masih belum yakin?

Cobalah latihan ini : Mulailah dengan naluri pertama Anda. Buat daftar 10 judul / ide posting blog terpisah. Jika Anda tidak dapat memperoleh angka 10, mungkin ini bukan Niche yang cocok untuk Anda.

Jika Anda memiliki 10 tapi tidak senang benar-benar menyusun postingan blog, maka ada baiknya mempertimbangkan industri yang berbeda.

Jika 10 ide itu terdengar bagus untuk Anda, pertimbangkan untuk menulis posting blog tersebut di komputer Anda sebelum masuk ke dalam pengembangan situs Anda. Jika Anda merasa sulit menyelesaikan 10 pos pertama dan sudah merasa ngeri dengan topik tersebut, mungkin itu tidak tepat untuk Anda. Kabar baiknya adalah Anda tidak membuang-buang waktu dan uang untuk membuat blog yang baru, dan akan Anda tinggalkan kemudian.

Apakah Anda merasa senang dan puas, dengan lebih banyak ide setelah menulis 10 posting pertama? Maka Anda bisa berada di jalur yang benar! Berita bagus? Sekarang Anda memiliki konten untuk disiapkan di situs Anda setelah Anda menyiapkan blog Anda.

Temukan Lubang di Pasar / Temukan Market Anda / Temukan Kolam Anda

Yang benar adalah bahwa tidak peduli topik apa yang Anda pilih untuk ditulis, sudah ada berjuta-juta blog yang menulis Niche Sama dengan anda. Namun, tidak semua orang mengeksplorasi setiap nick dan cranny dari setiap niche. Di situlah profitabilitas bisa masuk.

Misalnya, ZULFIANTO dimulai karena ada banyak blog tentang blogging, tetapi tidak ada tempat bagi pemula untuk mendapatkan jawaban mereka.

Anda dapat mempersempit ceruk Anda dengan cara yang sama dengan menyesuaikan target audiens Anda dengan orang-orang yang jarang mendapatkan perhatian, seperti pemula versus individu maju dalam kategori Anda. Pilihan lain adalah fokus pada area geografis tertentu.

Ingat, bagaimanapun, bahwa harus ada kebutuhan di ujung pasar.

Ingatlah bahwa Anda tidak harus tetap dengan blog pertama Anda dan ceruknya jika Anda merasa lelah. Namun, meluangkan waktu untuk mengeksplorasi niche mana yang ingin Anda mulai dapat menghemat banyak waktu dan uang di masa depan daripada melompat dari niche ke niche.

Hal terbesar yang akan membantu Anda memilih ceruk yang tepat adalah benar-benar memikirkannya alih-alih melompat di kepala pertama tanpa ide.

Masih belum yakin? Beri tahu kami di mana Anda terjebak dalam pengambilan keputusan Anda.

Finding Your Niche / Menemukan Ceruk Pasar Anda

Bagaimana jika Anda memiliki banyak gairah dan tidak fokus? Bagaimana jika Anda tidak yakin bagaimana menemukan ceruk pasar Anda? Dalam Menemukan Niche Anda Online dan Berhasil Di Ini Amandalyn menyarankan membuat daftar :

Jika Anda kesulitan menemukan ceruk Anda, tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan dan tuliskan semua jawaban Anda untuk membuat daftar.

  1. Apa hobimu?

  2. Hal-hal apa yang Anda sukai dan sukai?

  3. Bagaimana Anda menghabiskan waktu luang Anda?

  4. Apa topik favorit Anda untuk dibicarakan?

  5. Ketika kamu muda, apa yang menyenangkan bagimu?

  6. Topik apa yang paling Anda ketahui dari kebanyakan?

  7. Apakah ada kelas-kelas tertentu yang telah Anda lakukan secara ekstensif?

Menemukan Niche Anda dapat menjadi sesuatu yang membingungkan pada awalnya karena, sesungguhnya, ada banyak blog di setiap Niche. Anda tidak akan menjadi yang pertama. Namun, jika Anda melihat, Anda akan melihat bahwa ada lubang untuk diisi. Temukan kebutuhan dan isi kebutuhan itu. Saya memulai FianStudio karena ada banyak situs teknologi menengah dan lanjutan untuk blogger, tetapi tidak ada tempat untuk pemula. Blogging tentang Hacking juga bukan ceruk pertama saya; itu berevolusi dari blog pertama saya (sebuah blog pribadi di mana saya pasti bahkan tidak mempertimbangkan ceruk sebagai bagian dari rencana blog saya) di mana saya menerima banyak pertanyaan tentang cara melakukan hal-hal tertentu dengan blog (seperti mencoret kata-kata atau menambahkan sesuatu ke bilah sisi).

Biarkan bagian terakhir itu menjadi pelajaran juga: Anda dapat memulai dengan satu hal dan pindah ke yang lain. Kadang-kadang rencana terbaik adalah batu loncatan.

Mendominasi Niche Anda

Sekarang Anda memiliki niche Anda, tetapi Anda ingin melakukan lebih banyak lagi. Apa langkah selanjutnya? Dalam Cara Mendominasi Niche Anda, Brian Clark menyarankan :

What you’re looking to do is intensify the niche by doing something more, or differently (or maybe even better) than the existing players. You do this by first evaluating and understanding where the niche is currently, and position your content in a way that pushes the envelope.

Anda dapat mengevaluasi niche Anda hanya dengan menjadi bagian dari komunitas ceruk itu. (Apakah saya, atau apakah saya selalu kembali ke komunitas di artikel saya?) Ketika Anda membaca dan berkomentar di blog lain di niche Anda, Anda akan memiliki rasa apa yang sedang dibahas dan apa yang tidak. Anda dapat mulai mengisi lubang di ceruk atau mengambil pendekatan baru untuk masalah lama.

Saya yakin ini adalah tempat Anda mulai memposisikan diri untuk menghasilkan uang dari pasion Anda. Seperti yang saya tulis dalam artikel saya Saran untuk Menghasilkan Uang dengan Blog Anda, jika Anda memiliki produk (melalui blog Anda) atau mewakili ceruk bisnis, lebih mudah untuk menjual produk itu atau niche khusus kepada pengiklan. Pengiklan tahu siapa yang ingin mereka jangkau dan jika produk atau bisnis Anda saling melengkapi, maka mereka melihat nilai iklan dengan Anda lebih mudah daripada jika Anda hanya seorang blogger tanpa fokus.

Niche & Jaringan Anda

Bagaimana caranya berada di suatu ceruk tertentu menerjemahkan menjadi bagian dari suatu jaringan (sesuatu yang dilakukan banyak blogger akhir-akhir ini)? Deb Ng memperingatkan Anda untuk berhati-hati. Dalam Menghasilkan Uang sebagai Blogger: Apakah Anda Terlalu Nichey untuk Jaringan Anda? Deb menulis :

Terkadang menjadi nichey di jaringan tidak selalu menjadi langkah karir terbaik. . .Jika Anda ingin menyentuh ceruk, rekomendasi saya adalah bahwa itu mungkin akan sama menguntungkan, jika tidak lebih, untuk memulai blog niche Anda sendiri. Dengan cara ini Anda dapat memposting jadwal Anda sendiri dan menyimpan semua keuntungan untuk diri Anda sendiri. Ya, ini mulai lebih lambat, tetapi jika Anda menggoyang promosi dan tahu apa yang Anda lakukan, Anda akan melakukannya dengan baik.

Salam.

Berikan Rating anda untuk tulisan ini

May 23

Cara Membangun Blog dengan Domosquare Hosting 5/5 (3)

By ZULFIANTO | blogging

Jika anda sudah membaca tulisan saya sebelumnya tentang cara memulai blog, disana saya menjelaskan secara detail dan lengkap bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum dan saat memulai suatu blog. kali ini saya ingin menjelaskan kepada anda dan langsung akan mempraktekkan cara membangun Blog dengan Domosquare Hosting.

Sebelum kita mulai praktek, saya ingin menjelaskan dulu kepada anda. kenapa saya sangat merekomendasikan Domosquare sebagai layanan penyedia domain dan hosting untuk anda gunakan. padahal masih banyak layanan hosting yang murah dan “menurut mereka bagus” diluaran sana.

saya adalah seorang IT Konsultan, dari dulu urusan Hosting dan perserveran sudah jadi bagian dari aktifitas saya. PERCAYALAH !!! bagian rekomendasi ini adalah keahlian saya. saya sudah mencicipi sebagian besar layanan Hosting baik dari Indonesia sampai ke produk Luar Negeri.

langsung saja kita simak, beberapa alasan kenapa anda harus menggunakan layanan DomoSquare.com ini.

Apa itu DomoSquare.com ?

Domosquare.com, berasal dari 2 kata “Domo” dan “Square”. Domo yang bisa diartikan ungkapan terimakasih, dan square yang berupa kotak/area.

Sehingga DS mempunyai arti sebuah wadah ungkapan terimakasih yang Kami peruntukkan untuk setiap konsumen yang terus setia menggunakan layanan domosquare.com.

Mari Berhosting Bersama Kami

Mungkin Anda banyak menjumpai banyak hosting yang menuliskan “Mengapa Memilih Kami?”. Di DOMO Kami tidak meminta Anda memilih Kami, namun dengan semangat dan pengalaman; Kami bertekad untuk menjadi hosting Pilihan Anda.

Kami pempunyai semua sisi yang Anda butuhkan, salah satunya staff teknis handal baik di hosting maupun pemograman website. Tidak seperti kebanyakan hosting yang hanya memiliki staff sales sementara tidak memiliki staff teknis ahli. Sehigga ketika ada masalah penyelesaiannya akan lebih lama dan tidak jarang akhirnya hilang dengan sendirinya dari peredaran hosting.

Selain itu Kami juga berpengalaman dari 2005, dan merupakan salah satu pelopor pertama hosting murah di Indonesia.

Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa Kami karena 7 tahun sudah bisa membuktikan bahwa Kami tidak kemana-mana dan setia dengan inovasi demi inovasi yang Kami lakukan dari tahun awal hosting berkembang di Indonesia.

Anda Sudah Ketemu Gurunya, Kenapa Harus Bertanya Kepada Muridnya Lagi?

Ya, kabanyakan perusahaan hosting mengelola perusahaannya sendiri.

Tapi tidak dengan Kami, berkat dedikasi dan sepuh di dunia hosting. Saat ini Kami dipercaya oleh beberapa hosting besar di Indonesia dan terus bertambah; untuk menjadi konsultan dan sysadmin hosting mereka.

Hal ini membuktikan bahwa perusahaan-perusahaan hosting sudah menganggap kami mumpuni.. hal ini akan menjadikan nilai plus bagi Anda bahwa sudah seharusnya Anda yakin bahwa Anda sudah berada di tangan yang tepat.

Inovasi Tiada Henti

Sebagai pemuda Indonesia yang selalu ingin memberikan yang terbaik. Kami senantiasa berinovasi dari masa kemasa. Di antaranya adalah dengan memperoleh apresiasi penghargaan dari Menteri Pemuda & Olahraga Adiyaksa Dault semasa beliau masih menjabat. Pimpinan Kami dianugrahi penghargaan atas dedikasi di Dunia Informasi & Teknologi di Indonesia.

Dan tidak sebatas penghargaan dan berhenti, sampai sekarang kami tetap melakukan inovasi tiada henti, diantaranya:

  1. Terobosan harga hosting murah diawal perkembangan hosting (2005-2006)
  2. Kontribusi pada dunia sosial dengan menyumbangkan sistem pemblokir situs porno (2006-2007)
  3. Integrasi Pembayaran Otomatis via Bank Indonesia pertama di Indonesia yang terkoneksi dengan WHMCS (2008)
  4. Paneldotid.com – Panel domain Indonesia yang hanya ada satu-satunya di dunia (2009)
  5. Billingotomatis.com – Sistem yang memudahkan integrasi apasaja untuk sebuah sistem (2009-2010)
  6. Dubalang Guard System – Satu-satunya sistem security built-in pada cPanel di Indonesia bahkan dunia (2011)
  7. SMS Gateway – Satu-satunya hosting yang menawarkan jasa SMS Gateway (2012)
  8. Transformasi Web Domo dengan adaptasi teknologi terkini (2013)

Paneldotid.com dan juga Billingotomatis.com saat ini sudah membantu ratusan hosting lainnya di Indonesia. Hal ini menjadikan Domosquare.com exclusive di antara hosting-hosting di Indonesia.

Trend Setter Hosting Di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa inovasi akan melahirkan trend baru, itulah yang kami bawa di dunia perhostingan di Indonesia. Dari fitur-fitur otomatis, sampai fitur yang hanya ada satu-satunya di dunia telah menjadikan Kami salah satu hosting yang membuat trend nya sendiri, dan diikuti oleh hosting-hosting lainnya.

Segitu aja dulu info nya yah… kalo kebanyakan ntar lama praktek nya. BTW, sebelum saya merekomendasikan Hosting ini. saya sudah bertahun-tahun menggunakan nya. (silahkan cek disini : https://intodns.com/newbiesuper.com)

Langkah Pertama – Kunjungi Halaman Website DomoSquare

buka halaman www.domosquare.com Jika anda mendaftar sekarang juga, anda akan mendapatkan layanan “GRATIS DOMAIN” dengan memilih paket FreeDom khusus untuk pengunjung halaman zulfianto.com

Tips : Pastikan anda sudah memilih menu, HostingHosting Free(Gratis) Domain .

 

Blog dengan Domosquare

Blog dengan Domosquare

 

Pilih layanan Freedom 500 (terlaris) atau layanan FreeDom 1000

 

 

Kemudian Tentukan Lokasi Hosting yang ingin anda gunakan, saran saya gunakan hosting dengan lokasi di indonesia, atau singapore.

 

Langkah Kedua – Pilih Nama Domain yang ingin anda gunakan

Pilih nama domain yang anda sukai untuk blog anda, atau gunakan nama bisnis anda. dalam contoh disini saya ingin menggunakan nama domain belajarblogging.net kemudian klik periksa nama domain.

 

jika nama domain tersedia, selamat anda bisa langsung memulai blog anda (harus sudah dibayar yah). kemudian scroll ke halaman paling bawah dan klik Lanjutkan.

 

Langkah Ketiga – Periksa Detail pesanan dan Durasi Billing

Setelah anda memilih nama domain, periksa detail pesanan anda.

 

Anda bisa memilih 1 tahun atau 2 tahun, meskipun anda sedang belajar saya sangat merekomendasikan anda memilih paket yang 2-3 tahun. percayalah, anda tidak akan rugi selama anda bersungguh-sungguh membangun blog anda.

WHOIS ID Protection : ini optional saja, tujuan nya untuk menyamarkan identitas anda sebagai pemilik nama domain, agar tidak di serang oleh para spammer yang akan selalu menghubungi anda via email.

jika anda memilih opsi ini, anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 27.500 untuk satu tahun.

Jika sudah, klik lanjutkan.

Final Check Out – Periksa pesanan anda sekali lagi

Jika menurut anda semua data pesanan sudah jelas, dan sesuai dengan keinginan anda klik lanjutkan / Check Out

 

Langkah Ke-Empat – Isi Data Pribadi anda & lakukan Pembayaran

Setelah semua langkah sudah anda ikuti, isi data diri anda secara lengkap. pilih rekening tujuan pembayaran dan lakukan transfer sesuai instruksi yang diberikan. kurang dari 5 menit, layanan hosting dan domain anda akan segera Aktif.

Setelah layanan hosting dan domain anda aktif, hal yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel Hosting anda (informasi nya ada di email yang anda gunakan saat mendaftar).

Langkah Ke-lima – Install Blog WordPress

Setelah Anda berhasil mendaftar dengan DomoSquare, Anda sekarang dapat mulai membuat / membangun situs web pada nama domain Anda. Cukup masuk ke cPanel Anda dan pilih WordPress sebagai pembuat situs web Anda.

klik menu Softacolous > Pilih Menu WordPress

 

 

 

Kemudian > Pilih Tombol Install

 

 

 

 

Kemudian Isi Detail dan Deskripsi Website (Blog) Anda.

 

 

 

Penjelasan & Keterangan :

  • Chose Protocol : antara http dan https saran saya gunakan https (hosting domosquare, sudah support AutoSSL, layanan ini gratis)
  • Chose Domain : pilih domain mana yang ingin anda gunakan, untuk diinstallkan WordPress
  • In Directory : di folder mana blog wordpress akan diinstall (saran saya kosongkan saja)
  • Site Name : ini adalah nama atau judul blog anda
  • Site Description : deskripsi blog yang anda sedang bangun
  • Enable Multisite : abaikan saja
  • Admin Username : username yang digunakan untuk login (penting : jangan gunakan admin, dan mohon diingat username anda)
  • Admin Password : Password yang digunakan untuk login (penting : gunakan password yang kompleks, agar tidak mudah dibobol)
  • Admin Email : email yang digunakan, untuk identitas admin dan bisa untuk reset password jika lupa
  • scroll ke paling bawah dan klik Install

 

Mulai Blog dengan Domosquare

Setelah semua dilakukan, saatnya anda memulai blog dengan domosquare. selamat !!! anda berhasil menginstall blog wordpress anda.

Anda Sudah memiliki situs WordPress yang berfungsi penuh di domain Anda sendiri yang dapat segera Anda edit. Untuk mengubah tema / desain situs Anda, cukup masuk ke dashboard WordPress Anda dan pilih “Appearance -> Themes” dari sidebar kiri.

Jika anda kesulitan dalam mendesign Blog WordPress anda, silahkan mengikuti Tutorial Lengkap yang ada disini.

Silahkan Share halaman ini, jika menurut anda informasi yang saya berikan sangat bermanfaat untuk anda.

Berikan Rating anda untuk tulisan ini

May 23

5 Kesalahan dalam Memulai Blog yang dapat anda perbaiki 5/5 (2)

By ZULFIANTO | blogging

Selamat! Anda telah memutuskan untuk bergabung dengan barisan para blogger. saya yakin Anda akan menyukainya! Namun, sebelum Anda melangkah terlalu jauh, saya ingin membantu Anda menghindari kesalahan memulai blogging yang umum. Kesalahan-kesalahan ini hampir merupakan ritus peralihan, tetapi mengapa membuang waktu dengan kesalahan yang dapat Anda hindari dengan mudah?

Pertama – Auto Loading Music

Tolong. Saya mohon, pembaca Anda memohon kepada Anda: Matikan Autoplay Music pada Blog Anda! Pemuatan musik secara otomatis tidak hanya menjengkelkan dan mengejutkan, tetapi ini juga akan memakan bandwidth. Itu membuat blog Anda dimuat dengan lambat. Apakah Anda benar-benar ingin kehilangan pembaca karena dia tidak sabar menunggu situs Anda terbuka? Dan jika dia menunggu situs Anda dimuat, apakah dia akan kesal karena dia tidak tahu akan ada musik, tanpa sengaja memasang speakernya, dan seorang suami (atau anak) yang tidur tepat di sampingnya?

Saya kasih tau yah : Dia tidak akan kembali atau bahkan langsung menutup halaman  blog anda.

Kedua – Menggunakan desain dengan latar belakang gelap & teks terlalu cerah.

Masalah ini kurang tentang estetika Anda (meskipun itu bagian dari itu) dan lebih banyak tentang kegunaan dan keterbacaan. Membaca online lebih sulit di mata kita daripada membaca kertas tradisional. Menggunakan latar belakang gelap dengan teks ringan membuatnya semakin sulit di mata pembaca Anda.

Ketiga – Sidebar Terlalu Ramai (sisi blog terlalu heboh)

Desain yang ramping dan rapi berjalan jauh dengan pembaca. Semakin sedikit kekacauan, semakin banyak ruang putih yang Anda miliki. Anda dapat menggunakan ruang putih ini untuk membantu mengarahkan mata pembaca Anda ke konten tertentu. Gambar dan judul Anda akan lebih menonjol.

Apakah Anda bangga dengan penghargaan, lencana, dan berbagai pernak-pernik Anda dan menunjukkannya di sidebar? nggak sob, hal-hal itu juga merupakan ritus peralihan. Anda tidak perlu menyingkirkannya, tetapi mengapa tidak memberikan penghargaan di halaman yang berbeda sendiri dan menautkannya ke halaman utama Anda? Anda akan menukar 20 tautan hanya untuk satu tautan dan menguraikan bilah sisi. De-cluttering sidebar Anda memudahkan navigasi untuk pembaca Anda. Ketika ada lebih sedikit item yang bersaing untuk mendapatkan perhatian pembaca Anda, mereka akan tertarik pada apa yang penting.

TIP: Ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana latar belakang terang & kliring mengotori memengaruhi cara pemirsa menggunakan situs Anda? Blog Design For Dummies adalah sumber yang bagus. Saya sangat merekomendasikannya.

Keempat – Plagiarisme tidak disengaja (bahkan dengan foto).

Sangat sedikit blogger yang sah menjiplak dengan sengaja. Kemungkinan besar blogger baru tidak akan menyadari apa yang mereka lakukan (tetapi itu tidak membuatnya Bagus). Plagiarisme berlaku untuk menggunakan konten apa pun yang bukan milik Anda, apakah itu kata-kata, fotografi, musik, gambar, atau apa pun.

Banyak blogger baru akan mencari gambar di Google, lalu menyimpannya dan menggunakannya dalam posting blog. Itu plagiarisme – bahkan jika Anda mengutip di mana Anda menemukan gambar – karena Anda belum bertanya kepada pemiliknya apakah Anda boleh menggunakannya.

Jadi luangkan waktu sebentar untuk mencari tahu dan memahami masalah plagiarisme dan hak cipta. Anda mungkin juga ingin tahu tentang Creative Commons.

Bagaimana dengan kata-kata Anda yang digunakan tanpa izin Anda? Anda bisa memeriksa untuk melihat apakah ada yang menyalin konten Anda dengan Copyscape. Dan jika Anda menemukan bahwa seseorang telah menggunakan konten Anda tanpa izin Anda, klik ke Apa yang Harus Dilakukan Ketika Seseorang Mencuri Posting Blog Anda.

Kelima – Menggunakan “klik di sini” bukan frasa kata kunci untuk tautan.

Pilih kata-kata tautan Anda dengan hati-hati. Saat Anda menulis pos dan perlu memasukkan tautan, pertimbangkan bagaimana Anda akan menulis kalimat itu dan di mana Anda akan memasukkan tautan. Misalnya, mana yang lebih efektif (tautan potensial yang dicetak tebal)?

Kalimat teratas lebih efektif karena memiliki frase kata kunci yang membantu dengan SEO dan lebih deskriptif untuk pembaca. Kata-kata “klik di sini” atau bahkan hanya kata “di sini” yang tertaut ke file atau halaman lain ada di mana-mana di web. Kapan terakhir kali Anda melakukan pencarian untuk “klik di sini”?

Berikan Rating anda untuk tulisan ini

May 20

Memilih Platform blogging terbaik 5/5 (1)

By ZULFIANTO | blogging

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah blog perlu banyak keputusan yang harus dibuat. Salah satunya adalah : Apa platform blogging terbaik yang harus saya gunakan?

Meskipun ada banyak platform blogging yang tersedia, di bawah ini kami melihat beberapa platform yang paling umum untuk membantu Anda membuat keputusan terbaik.

So, Apa Platform Blog Terbaik ?

WordPress.com

Harga: Gratis

WordPress.com menyimpan konten situs Anda secara gratis di server mereka. Namun, ini berarti pengguna menerima versi terbatas dari perangkat lunak WordPress. Namun, ini adalah pilihan yang bagus untuk blogger hobi yang tidak ingin menginvestasikan uang. Ini juga merupakan opsi yang baik bagi orang-orang yang berencana untuk meningkatkan ke blog WordPress yang dihosting sendiri di masa mendatang.

Kelebihan:

  • Tidak ada biaya set-up.
  • Mudah digunakan; tidak diperlukan pengkodean atau pengetahuan desain.
  • Ratusan tema untuk dipilih.

Cons:

  • Fungsionalitas terbatas kecuali Anda membayar untuk peningkatan.
  • Itu terlihat kurang profesional.
  • Anda tidak memiliki blog Anda secara teknis, yang berarti Anda memiliki sedikit kendali atas pendapatan iklan. Ini juga berarti WordPress dapat menangguhkan situs Anda kapan saja.
  • Situs Anda dilengkapi dengan .wordpress di domain.

WordPress.org

Harga: Perangkat lunak bebas; Sekitar $ 3 per bulan untuk hosting. Untuk panduan langkah demi langkah, periksa cara memulai panduan blogging saya.

Blog WordPress yang dihosting sendiri adalah blog yang menggunakan perangkat lunak WordPress pada server pihak ketiga. Dengan itu, Anda dapat menginstal plugin, mengedit kode HTML Anda, dan banyak lagi, memberi Anda kontrol penuh atas situs web Anda sementara membuatnya terlihat lebih profesional. Blog WordPress yang dihosting sendiri biasanya merupakan cara terbaik bagi siapa saja yang mau berinvestasi beberapa dolar per bulan. Ini ideal untuk pemilik bisnis, pembangun merek profesional, dan blogger mana pun yang ingin memperluas fungsi situs mereka dan penampilan profesional. Temukan lebih banyak penyedia hosting WordPress di Domosquare.com.

Kelebihan:

  • User-friendly dengan opsi kontrol dan kustomisasi penuh.
  • Akses ke lebih dari 1.500 tema gratis dan 20.000 plugin gratis.
  • Pilihan ramah mesin pencari.

Cons:

  • Hosting di server pihak ketiga dapat memerlukan beberapa pengetahuan teknis, tetapi sebagian besar host (seperti Bluehost atau Domosquare) menawarkan dukungan teknis berkualitas.
  • Karena popularitasnya, WordPress rentan terhadap ancaman keamanan.

Bangun Blog Anda dengan Domosquare dan dapatkan Promos khusus serta Gratis Domain

Blogger

Harga: Gratis

Karena Blogger dimiliki oleh Google, Anda akan memiliki akses ke alat Google seperti AdSense, Analytics, dll. Namun, Blogger tidak sefleksibel WordPress.org. Platform ini sangat bagus untuk blogger hobi dan pembangun merek yang tidak ingin menginvestasikan uang, tetapi mungkin ingin menghasilkan uang melalui iklan. Karena mudah digunakan, itu juga merupakan platform yang bagus untuk blogger pemula yang baru belajar menggunakan tali.

Kelebihan:

  • Sepenuhnya gratis dan mudah digunakan.
  • Dapat menempatkan iklan AdSense.
  • Akses ke kode HTML, jadi ada lebih banyak opsi penyesuaian.

Cons:

  • Lebih sedikit tema dan ruang penyimpanan dari WordPress.com.
  • Anda tidak dapat menghosting sendiri, jadi blog Anda sepenuhnya bergantung pada penawaran Blogger saat ini.
  • Situs Anda akan memiliki .blogspot di judul.

Tumblr

Harga: Gratis

Tumblr mudah digunakan dan merupakan platform yang sangat sosial. Ini adalah tempat yang sempurna untuk blogger yang menyukai ide posting “reblogging”. Platformnya paling baik untuk microbloggers, jadi mungkin ini bukan tempat terbaik untuk memulai jika Anda ingin mengembangkan konten berformat panjang.

Kelebihan:

  • Penyimpanan tidak terbatas.
  • Sekitar 1.000 tema untuk dipilih.
  • Akses HTML dan CSS untuk kustomisasi.

Cons:

  • Mencadangkan blog Anda dan mengimpor konten Anda dari platform lain adalah sulit.
  • Ada opsi plugin yang sangat terbatas.
  • Sulit untuk dimonetisasi.

TypePad

Harga: $ 8,95 + / bulan

TypePad adalah platform yang baik untuk para profesional bisnis atau pembangun merek yang tidak keberatan menginvestasikan sejumlah uang setiap bulan ke blog mereka. Harga itu dapat membayar lebih banyak fitur dan situs yang lebih terlihat profesional. Namun, kebanyakan orang masih akan memberi tahu blogger bisnis untuk memilih platform WordPress yang dihosting sendiri karena komunitasnya yang besar, tetapi TypePad memiliki kelebihannya.

Kelebihan:

  • Mereka host di server mereka, tetapi Anda memiliki blog Anda.
  • Ruang penyimpanan tidak terbatas.
  • Mudah digunakan.

Cons:

  • Biayanya beberapa dolar lebih per bulan dari situs WordPress yang dihosting sendiri.
  • Pilihan kustomisasi dapat dibatasi.

WIX

Harga: $ 4.08 + / bulan

WIX adalah pilihan situs web yang bagus dengan kemampuan blogging yang ideal untuk bisnis. Dengan fungsi e-niaga, WIX membuat membangun seluruh situs web bisnis e-commerce Anda sederhana, meskipun kontrol penuh atas toko online Anda agak terbatas.

Kelebihan:

  • Bandwidth tidak terbatas.
  • Integrasi iklan.
  • Mudah digunakan.
  • Opsi pendaftaran domain.
  • Penyimpanan hingga 20 GB.
  • Ratusan template yang tampak profesional.

Cons:

  • Lebih mahal daripada blog WordPress yang dihosting sendiri.
  • Alat E-niaga tidak sangat canggih.
  • Pilihan kustomisasi terbatas.

Salah satu opsi gratis ini ideal untuk pemula atau blogger hobi yang tidak ingin menginvestasikan uang apa pun sementara opsi berbayar lebih baik untuk blog bisnis. Memilih yang benar berarti Anda ingin situs Anda berfungsi. Platform mana yang menurut Anda akan Anda pilih?

Quick reference

Mike Wallagher of Start Blogging Online put together a nice comparison of blogging platforms you can reference as you choose a blogging platform.

Be sure to click on the image to see a larger version.


Blog Comparison Chart – Start Blogging Online

Berikan Rating anda untuk tulisan ini

May 20

Bagaimana Cara Memulai Sebuah Blog 5/5 (3)

By ZULFIANTO | blogging

Jadi, Anda ingin memulai sebuah blog ya ? Ide yang hebat!

Tapi … bagaimana anda memulai? Ada begitu banyak info di web, dan semua orang memberi tahu Anda untuk melakukan hal yang berbeda. Siapa yang kamu dengarkan? Di mana titik awalnya?

Sial, mungkin Anda harus melupakannya – itu terlalu membingungkan!

Yah, tahan dulu sebentar. Saya dulu seorang pemula blogging juga. Saya memiliki masalah yang sama. Saya memulai blog saya (www.fianstudio.com) pada tahun 2010, dan saya kurang tau apa-apa tentang blogging. Faktanya hanya seminggu sebelum saya mengetahui apa itu blog.

Sekarang saya tahu banyak tentang blog, dan blog saya berjalan dengan baik – Saya bukan semacam Guru, tapi saya benar-benar tahu dasar-dasarnya. Saya berjanji ini akan sederhana, relatif mudah, dan pasti mudah dimengerti (tidak ada jargon bodoh). Kedengarannya bagus?

Luar biasa, mari kita lanjutkan.

Mengapa Anda harus membuat blog dan bergabung dengan komunitas blogging

Jadi di bawah ini, saya akan menguraikan secara persis apa yang harus Anda lakukan untuk memulai dan menyiapkan blog pribadi Anda sendiri. Sebelum kita menyelam, saya benar-benar ingin berbicara tentang MENGAPA Anda harus membangun sebuah blog.

Catatan : Jika Anda sudah memiliki ide yang kuat tentang mengapa, lewati ini dan pergi ke kanan dengan panduan.

  1. Blogging dengan cepat menjadi salah satu cara paling populer dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi dan berita. Secara harfiah ada jutaan blog online (jangan khawatir, Anda dapat membuat blog Anda menonjol dan mendapat perhatian!).
  2. Ini adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri Anda dan juga cara fantastis untuk berbagi informasi dengan orang lain.
  3. Anda menjadi orang yang lebih baik dan penulis yang lebih baik.
  4. Alasan terbaik? Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukannya!

Saya yakin Anda sudah tahu semua itu, tetapi itu bagus untuk diingatkan.

Satu hal terakhir sebelum kita mulai:

Proses membuat blog ini, memakan waktu cukup lama bisa sampai 45 menit. jadi, siapkan peralatan nya Kopi, jus, atau cemilan. kemudian jika kamu membutuhkan bantuan selama proses (praktek) silahkan hubungi saya disini. dengan senang hati saya akan membantu.

Disclosure : Panduan ini untuk memulai blog Anda sendiri berisi beberapa tautan afiliasi. Jika Anda membeli layanan melalui salah satu tautan ini saya dapat memperoleh komisi kecil, ini tidak ada biaya tambahan untuk Anda.

Langkah-Langkahnya Dicakup Di Panduan Blogging Ini

Itu sama sulitnya dengan menyiapkan situs web dari awal (hanya ada sedikit kemampuan teknis yang diperlukan di sini). Bahkan, tidak ada pengkodean yang diperlukan oleh Anda. Berita bagus, ya?

Cara Memulai Blog dalam 5 Langkah :

Ada lima langkah utama yang perlu Anda lakukan untuk memulai sebuah blog. Jika Anda mengikuti panduan ini dengan tepat, Anda akan menyiapkan blog Anda sendiri dalam 30 menit atau kurang.

  1. Pilih platform blog yang bagus
  2. Pilih host web untuk blog Anda
  3. Cara Menyiapkan blog di domain Anda sendiri
  4. Rancang blog baru Anda
  5. Sumber daya yang berguna untuk blogging

Jadi, kita berhasil. Fiuh. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali! Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari lompat ke langkah 1.

Langkah Pertama – Pilih platform blogging yang Anda sukai

Memilih di mana Anda ingin membangun blog adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Saya akan mengambil lompatan dan menganggap Anda telah mendengar WordPress, dan ini adalah platform yang saya dukung. Itu sangat besar.

Ini adalah salah satu platform blog terbesar di dunia, dengan plugin dan add-on yang tak terhitung jumlahnya dan hampir tak terbatas cara untuk mendesain dan menata blog Anda.

Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif WordPress = banyak, pada dasarnya.

Namun ada alternatif lain, dan mereka tercantum di bawah ini:

  • Blogger – Pasti hal terbaik berikutnya untuk WordPress.
  • Tumblr – Setengah jaringan sosial, setengah blog. Menarik, dan sangat mudah digunakan.

Meskipun WordPress lebih besar (dan mungkin lebih baik) daripada keduanya, inilah alasan saya mengapa Anda harus tetap menggunakan WordPress:

  1. Super mudah di set-up dan gratis digunakan
  2. Banyak tema dan layout gratis (saya tidak bercanda, ada gazillions).
  3. Ada forum dukungan besar jika Anda bingung (jangan sampai bingung, tapi jangan khawatir jika ada masalah).
  4. Blog Anda akan sangat cepat dan juga akan terlihat Fungsionalitas dan bentuk – sempurna!
  5. Orang dapat berinteraksi dengan Anda dengan mudah. Konten Anda dapat dibagikan, dikomentari, dan sebagainya.

Berikut ini artikel tentang platform blog yang berbeda (termasuk WordPress), beri baca:

Cara Memilih Platform Blogging – (diperbarui untuk 2018)

Sekarang, Langkah 2 (lihat, Kita bergerak cepat sekarang!)

Langkah Kedua – Self-hosting atau pilih gratisan?

Whoa, tunggu-tunggu! Ini adalah keputusan terbesar yang harus Anda buat sebelum melangkah lebih jauh. Anda harus memutuskan apakah akan membayar untuk blog Anda atau mengambil yang gratis.

WordPress, Tumblr, dan Blogger semuanya menawarkan blog gratis bagi siapa saja. Luar biasa, bukan? Ini sempurna bagi kita yang tidak terlalu serius tentang blogging. Tapi itu memang memiliki kelemahan :

1) Anda tidak akan bisa Menggunakan Nama Domain Anda Sendiri

Di blog gratis, alamat web blog Anda (URL Anda) akan menjadi buruk. Seperti, benar-benar jelek. Singkatnya, buat blog gratis dengan layanan blog gratis apa pun di atas dan akan terlihat seperti ini:

  • kamu.wordpress.com
  • kamu.blogspot.com
  • kamu.tumblr.com

Jelek kan ?

2) Terbatas dan lebih banyak batasan

Ada beberapa batasan untuk membebaskan blog. Anda tidak dapat memonetisasinya sepenuhnya, dan Anda tidak memiliki kemungkinan untuk mengunggah semua video dan gambar yang ingin ditampilkan kepada semua orang – semua terbatas. Lebih buruk lagi, Anda bahkan tidak akan memiliki akses ke tema gratis yang ditawarkan oleh WordPress.

3) Anda TIDAK MEMILIKI blog Anda

Mungkin kedengarannya konyol pada awalnya, tetapi Anda sebenarnya tidak memiliki blog Anda. Itu dihosting di properti web orang lain dan mereka dapat menghapusnya jika mereka menginginkannya. Mereka telah melakukannya di masa lalu, dan terus melakukannya di masa depan. Yang berarti semua kerja keras Anda di blog Anda, semua berjam-jam menulis posting blog mungkin lenyap dalam hitungan detik. Sedih…

Di sisi lain, dengan blog yang dihosting sendiri dengan nama domain Anda sendiri – Anda adalah pemilik REAL blog Anda. Anda akan dapat memberi nama blog Anda apa pun yang Anda inginkan, misalnya “zulfianto.com” atau “newbiesuper.com. Anda dapat mengakhirinya dengan .com, .co.uk, .net, .org, atau hampir semua akhiran web lainnya. Tambahkan ke bandwidth tak terbatas untuk video, gambar dan konten plus tema gratis dan Anda memiliki kombinasi yang unggul.

Jadi berapa banyak hosting dan nama domain? Tidak sebanyak yang Anda pikirkan, untungnya. Biasanya bekerja sekitar $ 5 hingga $ 10 per bulan, tergantung pada penyedia hosting Anda yang kurang dari segelas kopi.

Langkah ketiga – Mulai blog di domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain khusus)

Saya akan terus maju berdasarkan pada Assumsi yang Anda pilih WordPress, dan jika tidak, Anda harus pakai wordpress. Serius, ini yang terbaik.

Jika Anda masih sedikit bingung dengan blog yang dihosting sendiri, izinkan saya untuk menjelaskan dan bagaimana Anda dapat menyiapkan sendiri.

Anda harus membuat nama domain yang Anda sukai dan juga memilih perusahaan hosting yang dapat menghosting blog Anda.

  • Domain : Domain pada dasarnya adalah URL situs web Anda. Contoh: google.com (Google.com adalah domain), Facebook.com (Facebook.com adalah domain). Lihat? Sederhana!
  • Hosting : Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang menempatkan situs web Anda di internet sehingga orang lain dapat melihatnya. Semuanya akan disimpan di sana. Anggap saja sebagai hard-drive komputer di internet di mana blog Anda akan disimpan.

Penjelasan Lengkap, tentang domain dan Hosting saya bahas di eCourse Panduan Bikin Website Mudah.

Secara pribadi, saya menggunakan Domosquare (untuk domain dan hosting blog saya), dan saya tidak memiliki apa pun selain hal-hal yang baik untuk dikatakan tentang hal itu (kecuali layanan hosting saya sendiri). Ini mungkin salah satu penyedia hosting termurah (kurang dari Rp. 7.000 per bulan) di luar sana. Sebuah nama domain akan berharga sekitar Rp. 120.000 – 125.000 per tahun, tetapi dengan Domosquare mereka memberikan secara gratis jika memilih paket FreeDom :).  Senyum lebar untuk itu!

Mereka adalah penyedia yang saya gunakan untuk semua blog saya, khusus Blog atau Website lokasi Indonesia.

Jika karena alasan apa pun Anda tidak ingin menggunakan Domosquare, jangan ragu untuk memilih perusahaan hosting Anda sendiri. Sebagian besar, jika tidak semuanya, harus memiliki solusi instalasi WordPress “Sekali klik” pada panel admin mereka.

Tombol itu akan secara otomatis menginstal WordPress di blog Anda. Apakah saya mengatakan itu sederhana atau apa?

Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar dengan Domosquare (atau penyedia pilihan Anda), pilih paket hosting Anda dan nama domain dan cari tombol install WordPress satu-klik di panel admin.

Hal-hal penting WordPress sering kali tidak diperlukan, tetapi saya akan merekomendasikan whois privacy (yang akan menjaga kerahasiaan semua data pribadi Anda) dan backup otomatis (ini akan menghemat situs web Anda untuk berjaga-jaga jika tidak ada yang gagal atau hilang, sehingga Anda tidak akan kehilangan sedikit atau sedikit dari blog Anda).

Tulisan Khusus tentang Membangun Blog dengan Domosquare Hosting.

Bangun Blog Anda dengan Domosquare dan dapatkan Promo khusus serta Gratis Domain

Setelah WordPress diinstal di situs web Anda, yang harus Anda lakukan untuk memulai blogging adalah pergi ke halaman WP-Admin Anda biasanya www.yourblognamehere.com/wp-admin dan mulai menulis dengan menambahkan posting baru.

Pada awalnya, tata letak terlihat membingungkan, tetapi itu menjadi sangat cepat dimengerti. Jangan khawatir!

Langkah keempat – Merancang blog WordPress Anda

Sekarang, sedikit bersenang-senang.

Mari buat blog Anda terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Untuk memilih tema baru, Anda dapat menuju ke Appearance> Themes dan menginstal tema WordPress gratis atau Anda dapat menuju ke situs web tema premium seperti Kentooz.com dan membeli tema dengan harga sangat terjangkau.

Saya biasanya memilih sesuatu yang terlihat profesional dan cukup mudah untuk disesuaikan. WordPress juga memiliki fitur luar biasa ini yang memungkinkan Anda untuk mengubah tema hanya dengan beberapa klik. Jadi jika Anda mulai bosan dengan template blog Anda saat ini, Anda dapat beralih ke yang lain tanpa kehilangan konten atau gambar yang berharga.

Ingat, desain blog Anda harus mencerminkan Anda dan kepribadian Anda, tetapi juga tentang apa blog itu. Tidak ada gunanya memiliki tema yang berorientasi pada sepak bola jika blog Anda adalah tentang tenis, paham?

Di atas itu, harus mudah dinavigasi jika Anda ingin orang bertahan. Jika sulit dan sulit untuk bergerak di sekitarnya, orang-orang tidak akan tinggal. Desain adalah seni subjektif; artinya semua orang suka hal yang berbeda.

Tapi tidak ada yang suka situs web jelek, dan mereka terutama membenci situs web yang memerlukan gelar universitas untuk dinavigasi. Buat itu mudah bagi mereka.

Untuk membaca lebih lanjut, saya telah mengumpulkan 3 entri blog tentang mendesain blog Anda. Jangan ragu untuk memeriksanya.

  • Desain Blog: Keep It Clutter Free dan User Friendly
  • Saran untuk Desain Blog dan Sasaran Blog
  • Apakah ada perangkat lunak yang dapat saya gunakan untuk membuat grafik, tombol, dan spanduk saya sendiri?

Langkah terakhir!

Langkah kelima – Sumber Daya Berguna Untuk Blogger Pemula

Blogger datang ke arena blogging dengan berbagai tingkat pengalaman media online dan sosial, tetapi kami semua telah membuat lebih dari beberapa kesalahan pemula – selalu ada ruang untuk lebih banyak pembelajaran dan peningkatan, baik Anda seorang pemula atau Anda sudah blogging untuk tahun.

Artikel-artikel ini dapat membantu Anda menghindari beberapa kesulitan yang berkembang ketika datang ke blog pertama Anda – nikmatilah !:

Dan itu dia! Saya lebih dari yakin bahwa penyiapan awal blog Anda seharusnya sudah selesai dan siap digunakan, dan semua itu seharusnya benar-benar sangat mudah (tidak seperti saya waktu dulu, Anda beruntung!). Jika Anda mengalami masalah menginstal WordPress pada Domosquare maka panduan ini dapat membantu.

Jika oleh beberapa keadaan yang tidak menguntungkan Anda terjebak atau memiliki pertanyaan untuk saya tentang cara membuat blog, cukup hubungi saya atau tinggalkan komentar di bawah ini. Saya akan membantu Anda dengan masalah apa pun.

Selamat menikmati blog baru Anda!

Bangun Blog Anda dengan Domosquare dan dapatkan Promo khusus serta Gratis Domain

Berikan Rating anda untuk tulisan ini