email marketing

Cara Kreatif untuk Menggunakan Media Sosial dalam Email Campaign

Posted on

Kami pernah menuliskan sebuah artikel yang membahas tentang apakah email dan media sosial dapat berjalan beriringan. Media sosial dan email tidak dapat dilepaskan begitu saja, keduanya dapat bekerja sama dan saling menguntungkan. Sekarang muncul pertanyaan, “Jika keduanya dapat bekerja sama dan saling menguntungkan, bagaimana cara menggabungkan elemen media sosial dalam email campaigns?” Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menggabungkan media sosial dalam email campaigns.

Beri sosial media icons pada email

Memberikan sosial media icons pada email yang dikirimkan menjadi salah satu langkah agar para pelanggan dapat tetap terhubung dengan seluruh social media platform perusahaan Anda. Namun, mendapatkan berbagai macam retweet dan follower baru bukanlah tujuan awal dari Anda mengirimkan email. Oleh karena itu, letakkan sosial media icons Anda pada bagian footer sehingga tidak mengganggu tujuan awal dari pengiriman email. Fitur terbaru dari MailTarget adalah penambahan social media icon yang bisa di-custom.

Menyelenggarakan kontes untuk para pelanggan

Terkadang mengajak para pelanggan yang berada dalam email list Anda untuk menjadi follower dalam sosial media tidak cukup hanya dengan sekedar meminta mereka menekan tombol follow. Oleh sebab itu Anda harus memiliki cara yang menarik untuk mengajak para pelanggan agar tertarik dengan sosial media perusahaan Anda. Semisal, mengadakan kontes foto dengan syarat harus melakukan follow instagram perusahaan Anda. Yup, dengan cara seperti itu pelanggan dapat tertarik dan follower instagram perusahaan Anda pun meningkat!

Tambahkan sosial media elements pada email unsubscribe

Walaupun ada pelanggan yang melakukan unsubscribe dengan email Anda, bukan berarti mereka tidak ingin mendengar kabar Anda di luar kotak masuk mereka. Memberikan elemen-elemen sosial media pada email unsubscribe, memungkinkan para pelanggan memilih social media platform dari perusahaan Anda yang ingin mereka ikuti.

Sekali lagi kami tekankan, bahwa email marketing dan sosial media memiliki peranan masing-masing. Apabila Anda dapat memanfaatkannya dengan benar, maka email marketing dan sosial media dapat berjalan dengan beriringan. Anda tidak bisa benar-benar memisahkan email marketing dengan sosial media.

Baca Juga  Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis email marketing

Suka artikel ini? bagikan!