Bagaimana Cara Memulai Sebuah Blog

By ZULFIANTO | blogging

May 20

Jadi, Anda ingin memulai sebuah blog ya ? Ide yang hebat!

Tapi … bagaimana anda memulai? Ada begitu banyak info di web, dan semua orang memberi tahu Anda untuk melakukan hal yang berbeda. Siapa yang kamu dengarkan? Di mana titik awalnya?

Sial, mungkin Anda harus melupakannya – itu terlalu membingungkan!

Yah, tahan dulu sebentar. Saya dulu seorang pemula blogging juga. Saya memiliki masalah yang sama. Saya memulai blog saya (www.fianstudio.com) pada tahun 2010, dan saya kurang tau apa-apa tentang blogging. Faktanya hanya seminggu sebelum saya mengetahui apa itu blog.

Sekarang saya tahu banyak tentang blog, dan blog saya berjalan dengan baik – Saya bukan semacam Guru, tapi saya benar-benar tahu dasar-dasarnya. Saya berjanji ini akan sederhana, relatif mudah, dan pasti mudah dimengerti (tidak ada jargon bodoh). Kedengarannya bagus?

Luar biasa, mari kita lanjutkan.

Mengapa Anda harus membuat blog dan bergabung dengan komunitas blogging

Jadi di bawah ini, saya akan menguraikan secara persis apa yang harus Anda lakukan untuk memulai dan menyiapkan blog pribadi Anda sendiri. Sebelum kita menyelam, saya benar-benar ingin berbicara tentang MENGAPA Anda harus membangun sebuah blog.

Catatan : Jika Anda sudah memiliki ide yang kuat tentang mengapa, lewati ini dan pergi ke kanan dengan panduan.

  1. Blogging dengan cepat menjadi salah satu cara paling populer dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi dan berita. Secara harfiah ada jutaan blog online (jangan khawatir, Anda dapat membuat blog Anda menonjol dan mendapat perhatian!).
  2. Ini adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri Anda dan juga cara fantastis untuk berbagi informasi dengan orang lain.
  3. Anda menjadi orang yang lebih baik dan penulis yang lebih baik.
  4. Alasan terbaik? Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukannya!

Saya yakin Anda sudah tahu semua itu, tetapi itu bagus untuk diingatkan.

Satu hal terakhir sebelum kita mulai:

Proses membuat blog ini, memakan waktu cukup lama bisa sampai 45 menit. jadi, siapkan peralatan nya Kopi, jus, atau cemilan. kemudian jika kamu membutuhkan bantuan selama proses (praktek) silahkan hubungi saya disini. dengan senang hati saya akan membantu.

Disclosure : Panduan ini untuk memulai blog Anda sendiri berisi beberapa tautan afiliasi. Jika Anda membeli layanan melalui salah satu tautan ini saya dapat memperoleh komisi kecil, ini tidak ada biaya tambahan untuk Anda.

Langkah-Langkahnya Dicakup Di Panduan Blogging Ini

Itu sama sulitnya dengan menyiapkan situs web dari awal (hanya ada sedikit kemampuan teknis yang diperlukan di sini). Bahkan, tidak ada pengkodean yang diperlukan oleh Anda. Berita bagus, ya?

Cara Memulai Blog dalam 5 Langkah :

Ada lima langkah utama yang perlu Anda lakukan untuk memulai sebuah blog. Jika Anda mengikuti panduan ini dengan tepat, Anda akan menyiapkan blog Anda sendiri dalam 30 menit atau kurang.

  1. Pilih platform blog yang bagus
  2. Pilih host web untuk blog Anda
  3. Cara Menyiapkan blog di domain Anda sendiri
  4. Rancang blog baru Anda
  5. Sumber daya yang berguna untuk blogging

Jadi, kita berhasil. Fiuh. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali! Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari lompat ke langkah 1.

Langkah Pertama – Pilih platform blogging yang Anda sukai

Memilih di mana Anda ingin membangun blog adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Saya akan mengambil lompatan dan menganggap Anda telah mendengar WordPress, dan ini adalah platform yang saya dukung. Itu sangat besar.

Ini adalah salah satu platform blog terbesar di dunia, dengan plugin dan add-on yang tak terhitung jumlahnya dan hampir tak terbatas cara untuk mendesain dan menata blog Anda.

Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif WordPress = banyak, pada dasarnya.

Namun ada alternatif lain, dan mereka tercantum di bawah ini:

  • Blogger – Pasti hal terbaik berikutnya untuk WordPress.
  • Tumblr – Setengah jaringan sosial, setengah blog. Menarik, dan sangat mudah digunakan.
Baca Juga  Cara Membangun Blog dengan Domosquare Hosting

Meskipun WordPress lebih besar (dan mungkin lebih baik) daripada keduanya, inilah alasan saya mengapa Anda harus tetap menggunakan WordPress:

  1. Super mudah di set-up dan gratis digunakan
  2. Banyak tema dan layout gratis (saya tidak bercanda, ada gazillions).
  3. Ada forum dukungan besar jika Anda bingung (jangan sampai bingung, tapi jangan khawatir jika ada masalah).
  4. Blog Anda akan sangat cepat dan juga akan terlihat Fungsionalitas dan bentuk – sempurna!
  5. Orang dapat berinteraksi dengan Anda dengan mudah. Konten Anda dapat dibagikan, dikomentari, dan sebagainya.

Berikut ini artikel tentang platform blog yang berbeda (termasuk WordPress), beri baca:

Cara Memilih Platform Blogging – (diperbarui untuk 2018)

Sekarang, Langkah 2 (lihat, Kita bergerak cepat sekarang!)

Langkah Kedua – Self-hosting atau pilih gratisan?

Whoa, tunggu-tunggu! Ini adalah keputusan terbesar yang harus Anda buat sebelum melangkah lebih jauh. Anda harus memutuskan apakah akan membayar untuk blog Anda atau mengambil yang gratis.

WordPress, Tumblr, dan Blogger semuanya menawarkan blog gratis bagi siapa saja. Luar biasa, bukan? Ini sempurna bagi kita yang tidak terlalu serius tentang blogging. Tapi itu memang memiliki kelemahan :

1) Anda tidak akan bisa Menggunakan Nama Domain Anda Sendiri

Di blog gratis, alamat web blog Anda (URL Anda) akan menjadi buruk. Seperti, benar-benar jelek. Singkatnya, buat blog gratis dengan layanan blog gratis apa pun di atas dan akan terlihat seperti ini:

  • kamu.wordpress.com
  • kamu.blogspot.com
  • kamu.tumblr.com

Jelek kan ?

2) Terbatas dan lebih banyak batasan

Ada beberapa batasan untuk membebaskan blog. Anda tidak dapat memonetisasinya sepenuhnya, dan Anda tidak memiliki kemungkinan untuk mengunggah semua video dan gambar yang ingin ditampilkan kepada semua orang – semua terbatas. Lebih buruk lagi, Anda bahkan tidak akan memiliki akses ke tema gratis yang ditawarkan oleh WordPress.

3) Anda TIDAK MEMILIKI blog Anda

Mungkin kedengarannya konyol pada awalnya, tetapi Anda sebenarnya tidak memiliki blog Anda. Itu dihosting di properti web orang lain dan mereka dapat menghapusnya jika mereka menginginkannya. Mereka telah melakukannya di masa lalu, dan terus melakukannya di masa depan. Yang berarti semua kerja keras Anda di blog Anda, semua berjam-jam menulis posting blog mungkin lenyap dalam hitungan detik. Sedih…

Di sisi lain, dengan blog yang dihosting sendiri dengan nama domain Anda sendiri – Anda adalah pemilik REAL blog Anda. Anda akan dapat memberi nama blog Anda apa pun yang Anda inginkan, misalnya “zulfianto.com” atau “newbiesuper.com. Anda dapat mengakhirinya dengan .com, .co.uk, .net, .org, atau hampir semua akhiran web lainnya. Tambahkan ke bandwidth tak terbatas untuk video, gambar dan konten plus tema gratis dan Anda memiliki kombinasi yang unggul.

Jadi berapa banyak hosting dan nama domain? Tidak sebanyak yang Anda pikirkan, untungnya. Biasanya bekerja sekitar $ 5 hingga $ 10 per bulan, tergantung pada penyedia hosting Anda yang kurang dari segelas kopi.

Langkah ketiga – Mulai blog di domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain khusus)

Saya akan terus maju berdasarkan pada Assumsi yang Anda pilih WordPress, dan jika tidak, Anda harus pakai wordpress. Serius, ini yang terbaik.

Jika Anda masih sedikit bingung dengan blog yang dihosting sendiri, izinkan saya untuk menjelaskan dan bagaimana Anda dapat menyiapkan sendiri.

Anda harus membuat nama domain yang Anda sukai dan juga memilih perusahaan hosting yang dapat menghosting blog Anda.

  • Domain : Domain pada dasarnya adalah URL situs web Anda. Contoh: google.com (Google.com adalah domain), Facebook.com (Facebook.com adalah domain). Lihat? Sederhana!
  • Hosting : Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang menempatkan situs web Anda di internet sehingga orang lain dapat melihatnya. Semuanya akan disimpan di sana. Anggap saja sebagai hard-drive komputer di internet di mana blog Anda akan disimpan.

Penjelasan Lengkap, tentang domain dan Hosting saya bahas di eCourse Panduan Bikin Website Mudah.

Secara pribadi, saya menggunakan Domosquare (untuk domain dan hosting blog saya), dan saya tidak memiliki apa pun selain hal-hal yang baik untuk dikatakan tentang hal itu (kecuali layanan hosting saya sendiri). Ini mungkin salah satu penyedia hosting termurah (kurang dari Rp. 7.000 per bulan) di luar sana. Sebuah nama domain akan berharga sekitar Rp. 120.000 – 125.000 per tahun, tetapi dengan Domosquare mereka memberikan secara gratis jika memilih paket FreeDom :).  Senyum lebar untuk itu!

Baca Juga  Memilih Platform blogging terbaik

Mereka adalah penyedia yang saya gunakan untuk semua blog saya, khusus Blog atau Website lokasi Indonesia.

Jika karena alasan apa pun Anda tidak ingin menggunakan Domosquare, jangan ragu untuk memilih perusahaan hosting Anda sendiri. Sebagian besar, jika tidak semuanya, harus memiliki solusi instalasi WordPress “Sekali klik” pada panel admin mereka.

Tombol itu akan secara otomatis menginstal WordPress di blog Anda. Apakah saya mengatakan itu sederhana atau apa?

Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar dengan Domosquare (atau penyedia pilihan Anda), pilih paket hosting Anda dan nama domain dan cari tombol install WordPress satu-klik di panel admin.

Hal-hal penting WordPress sering kali tidak diperlukan, tetapi saya akan merekomendasikan whois privacy (yang akan menjaga kerahasiaan semua data pribadi Anda) dan backup otomatis (ini akan menghemat situs web Anda untuk berjaga-jaga jika tidak ada yang gagal atau hilang, sehingga Anda tidak akan kehilangan sedikit atau sedikit dari blog Anda).

Tulisan Khusus tentang Membangun Blog dengan Domosquare Hosting.

Bangun Blog Anda dengan Domosquare dan dapatkan Promo khusus serta Gratis Domain

Setelah WordPress diinstal di situs web Anda, yang harus Anda lakukan untuk memulai blogging adalah pergi ke halaman WP-Admin Anda biasanya www.yourblognamehere.com/wp-admin dan mulai menulis dengan menambahkan posting baru.

Pada awalnya, tata letak terlihat membingungkan, tetapi itu menjadi sangat cepat dimengerti. Jangan khawatir!

Langkah keempat – Merancang blog WordPress Anda

Sekarang, sedikit bersenang-senang.

Mari buat blog Anda terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Untuk memilih tema baru, Anda dapat menuju ke Appearance> Themes dan menginstal tema WordPress gratis atau Anda dapat menuju ke situs web tema premium seperti Kentooz.com dan membeli tema dengan harga sangat terjangkau.

Saya biasanya memilih sesuatu yang terlihat profesional dan cukup mudah untuk disesuaikan. WordPress juga memiliki fitur luar biasa ini yang memungkinkan Anda untuk mengubah tema hanya dengan beberapa klik. Jadi jika Anda mulai bosan dengan template blog Anda saat ini, Anda dapat beralih ke yang lain tanpa kehilangan konten atau gambar yang berharga.

Ingat, desain blog Anda harus mencerminkan Anda dan kepribadian Anda, tetapi juga tentang apa blog itu. Tidak ada gunanya memiliki tema yang berorientasi pada sepak bola jika blog Anda adalah tentang tenis, paham?

Di atas itu, harus mudah dinavigasi jika Anda ingin orang bertahan. Jika sulit dan sulit untuk bergerak di sekitarnya, orang-orang tidak akan tinggal. Desain adalah seni subjektif; artinya semua orang suka hal yang berbeda.

Tapi tidak ada yang suka situs web jelek, dan mereka terutama membenci situs web yang memerlukan gelar universitas untuk dinavigasi. Buat itu mudah bagi mereka.

Untuk membaca lebih lanjut, saya telah mengumpulkan 3 entri blog tentang mendesain blog Anda. Jangan ragu untuk memeriksanya.

  • Desain Blog: Keep It Clutter Free dan User Friendly
  • Saran untuk Desain Blog dan Sasaran Blog
  • Apakah ada perangkat lunak yang dapat saya gunakan untuk membuat grafik, tombol, dan spanduk saya sendiri?

Langkah terakhir!

Langkah kelima – Sumber Daya Berguna Untuk Blogger Pemula

Blogger datang ke arena blogging dengan berbagai tingkat pengalaman media online dan sosial, tetapi kami semua telah membuat lebih dari beberapa kesalahan pemula – selalu ada ruang untuk lebih banyak pembelajaran dan peningkatan, baik Anda seorang pemula atau Anda sudah blogging untuk tahun.

Artikel-artikel ini dapat membantu Anda menghindari beberapa kesulitan yang berkembang ketika datang ke blog pertama Anda – nikmatilah !:

Dan itu dia! Saya lebih dari yakin bahwa penyiapan awal blog Anda seharusnya sudah selesai dan siap digunakan, dan semua itu seharusnya benar-benar sangat mudah (tidak seperti saya waktu dulu, Anda beruntung!). Jika Anda mengalami masalah menginstal WordPress pada Domosquare maka panduan ini dapat membantu.

Jika oleh beberapa keadaan yang tidak menguntungkan Anda terjebak atau memiliki pertanyaan untuk saya tentang cara membuat blog, cukup hubungi saya atau tinggalkan komentar di bawah ini. Saya akan membantu Anda dengan masalah apa pun.

Selamat menikmati blog baru Anda!

Bangun Blog Anda dengan Domosquare dan dapatkan Promo khusus serta Gratis Domain

Suka artikel ini? bagikan!

Berikan Rating anda untuk tulisan ini

Follow

About the Author

Seorang Newbie yang berasal dari pekanbaru, dan menggeluti bidang Bisnis Internet (Full Internet Marketer)