Pentingnya cronjob

Posted on

Cron Job adalah salah utility program yang ada di Linux, sebenarnya Cron tidak hanya ada Linux, tapi juga ada di Windows. Cron job digunakan untuk melakukan eksekusi perintah secara otomatis pada waktu yang spesifik atau tertentu saja.

jadi kalau misalkan anda memiliki sebuah website yang mengharuskan system nya untuk menjalankan perintah otomatis untuk memproses suatu data. contohnya, generate email invoice, menghapus expired user yang belum aktivasi, dll.

biasanya cron job ini digunakan untuk website atau system web base email marketing, membership site, online shop , dll.

jadi Seberapa penting fungsi Cron job ini untuk website ?

Penting banget !!! jika website nya memiliki system automisasi, kalau ngga ya ga usah dipake.

Untuk membuat cron jobs pada server web yang anda miliki ada 2 tahapan sebagai berikut:

  1. Menentukan Jadwal

    Hal pertama adalah anda harus tahu dan memahami cara kerja jadwal yang akan anda buat. Apakah perintah yang ingin anda jalankan tersebut akan anda gunakan setiap hari, setiap minggu, atau hanya pada waktu tertentu.

    Penggunaan program/command yang anda atur dalam cron jobs dengan frekuensi yang tinggi seperti beberapa menit sekali, lebih dianjurkan untuk dedicated server ataupun VPS SSD cloud hosting murah.

    Penggunaan berfrekuensi tinggi pada shared hosting, dimana terdapat banyak website pada server tersebut tidak dianjurkan, karena hal ini akan mempengaruhi kerja server secara keseluruhan, dan secara otomatis website yang anda miliki juga akan terkena imbasnya.

  2. Menuliskan Command

    Langkah selanjutnya adalah menuliskan jadwal sesuai dengan format yang sesuai agar dapat dimengerti oleh crontab. Format crontab sendiri terdiri dari 5 tanda bintang yang diakhiri dengan command /perintanya. Contoh : *****/command.

    Tanda bintang tersebut merupakan penunjuk waktu yang terdiri dari 5 bagian. Dari kiri ke kanan dimulai dari menit(0-59), jam(0-23), hari dalam bulan (1-31), bulan (1-12), hari dari minggu (0-6). Sedangkan untuk command dapat diganti dengan jenis perintah yang ingin dijalankan.

    Pengaturan cronJob melalui cPanel dapat lebih mudah, karena menggunakan gui untuk konfigurasinya. Namun tetap saja command yang ingin dijalankan harus ditulis menggunakan command script untuk linux.

Cron job sendiri membutuhkan pengetahuan tentang commands linux agar pengaturan cron jobs dapat berjalan secara efektif. File konfigurasi untuk menangani command agar dapat berjalan secara berkala pada jangka waktu tertentu sudah ditentukan.

File semacam ini disebut sebagai file crontab, dimana daftar tugas dan instruksi lainnya tersimpan. Sehingga untuk melakukan pengaturan penjadwalan agar dapat dieksekusi oleh cron jobs, dapat dilakukan dengan entri-entri yang terdapat pada file crontab.

Lokasi file ini biasanya dapat diakses secara manual pada directory /etc/, namun dengan adanya cPanel pengaturan/konfigurasi cron jobs bisa dilakukan dengan mudah.

Suka artikel ini? bagikan!

Baca Juga  Apa itu Bisnis Online dan Jenis Bisnis Online ?
Gravatar Image
Seorang Newbie yang berasal dari pekanbaru, dan menggeluti bidang Bisnis Internet (Full Internet Marketer)