email marketing

Ketahui 5 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Email Marketing

Posted on

Saat membuat email marketing, sebaiknya Anda memahami apa saja kesalahan yang harus dihindari dalam membuat email marketing. Hal ini tentu sangat penting untuk diperhatikan. Banyak kesalahan-kesalahan dalam email marketing yang membuat calon konsumen menjadi tidak tertarik membuka email marketing milik Anda. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut? Berikut ini merupakan 5 kesalahan yang harus dihindari dalam membuat email marketing.

Pengiriman email yang tidak teratur

Sesuatu yang tidak dijadwalkan sering kali membuat seseorang terlupa akan suatu hal. Begitu pula dengan email marketing. Email marketing yang kurang terjadwal mengakibatkan pengiriman email marketing yang kurang teratur. Jangan sampai terlambat sehari pun. Hal tersebut akan membuat pelanggan Anda menganggap bahwa perusahaan Anda kurang professional. Oleh karena itu, jadwalkan secara baik dan benar pengiriman email marketing Anda. Lebih baik lagi apabila Anda menggunakan engine email marketing yang bagus dan teruji. Engine email marketing yang bagus pada umumnya memiliki sistem penjadwalan yang bagus pula.

Kurangnya promosi subscribe email

Kesalahan selanjutnya adalah kurangnya promosi cara subscribe email. Hal ini berimbas pada jumlah subscriber yang stagnan dalam kurun waktu yang lama. Pada awal peluncuran fitur ini, mungkin Anda sangat antusias untuk mempromosikan cara subscribe email. Namun, apabila sudah berbulan-bulan, mungkin Anda akan lupa bahwa Anda memiliki fitur ini. Oleh karena itu, perbarui promosi email marketing Anda paling tidak sekali dalam 3 bulan.

Kurang peduli dengan preview

Dalam beberapa server email, Gmail misalnya, preview email pada umunya muncul sebagai notifikasi. Preview tersebut biasanya memunculkan baris pertama dari isi email Anda. Apabila baris pertama Anda kurang menarik, pelanggan Anda bukan tidak mungkin akan mengabaikan email Anda. Oleh karena itu, Anda harus membuat baris pertama email Anda semenarik mungkin sehingga pelanggan Anda langsung dapat membaca maksud Anda dalam email tersebut.

Baca Juga  5 Kesalahan Umum dalam E-mail Marketing

Kesal dengan banyaknya orang yang meng-unsubscribe

Meski kehilangan subscriber memang menjengkelkan, jangan terburu kesal karena hal tersebut. Dalam email marketing, jumlah orang yang subscribe dengan yang unsubscribe bisa jadi sama banyak. Berpikirlah positif dengan menganggap orang yang unsubscribe adalah orang yang tidak akan membeli apapun dari Anda. Sia-sia apabila Anda terus menerus mengirimkan promosi kepada orang yang tidak membeli apapun dari Anda.

Tes email dengan email pelanggan

Berhasil atau tidaknya email marketing biasa diukur dengan sebuah tes. Jangan pernah menggunakan email pelanggan untuk tes tersebut. Gunakan akun tersendiri untuk mengetes email marketing Anda. Bila Anda menggunakan engine email marketing, mungkin Anda tidak akan merasa kerepotan dengan hal ini. Pasalnya, engine email marketing biasanya telah menyediakan email terpisah untuk melakukan testing.

Itulah tadi beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam membuat email marketing. Selamat ber-email marketing!

Suka artikel ini? bagikan!