Category Archives for "Social Media"

May 22

Trik Sukses Berpromosi Melalui Media Sosial Belum ada Rating.

By ZULFIANTO | Social Media

Kegiatan promosi melalui sosial media semakin akrab di telinga masyarakat ketika banyak bermunculan akun sosial media sebuah usaha atau bisnis tertentu. Kesuksesan promosi sosial media mereka juga diiringi dengan kebiasan yang sering mereka lakukan dalam menjalankan sosial media. Apa saja tips sukses berpromosi dan berbisnis di sosial media?

 

Selalu ada perencanaan

Dalam setiap kegiatan yang akan kita lakukan, sebaiknya selalu didahulukan dengan sebuah perencanaan. Tidak terkecuali ketika kita ingin menggunakan sosial media sebagai lahan untuk melakukan promosi bisnis kita. Sekalipun disediakan secara bebas, sosial media tetap memiliki aturannya masing – masing.

Dan sebagai salah satu pemain di dalamnya, kita juga harus menggunakan perencanaan dan strategi yang tepat untuk dapat menggunakan sosial media dengan sebagaimana mestinya. Pastikan untuk membuat perencanaan dalam memposting, menanggapi komentar ataupun yang lainnya.

Buatlah sebuah jadwal untuk bisa menjadikan diri kita lebih konsisten terhadap apa yang kita lakukan.

Memanfaatkan sumber daya

Jika memang merasa kewalahan dalam mengatur dan mengelola sosial media bisnis kamu yang bisa saja lebih dari 3 macam, maka jangan ragu untuk menggunakan sumber daya yang sudah ada. Salah satu sumber daya yang saat ini banyak digunakan adalah aplikasi yang dapat membantu kita dalam menjadwalkan postingan, baik di Facebook, Twitter, blog atau yang lainnya. Dengan begitu kita bisa memaksimalkan waktu kerja kita untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

Namun jika memang kamu memiliki tim yang bertugas untuk mengelola sosial media tersebut, sebaiknya dimanfaatkan secara maksimal. Karena ketika kamu menggunakan sumber daya berupa aplikasi otomatis, ini akan mengurangi interaksi secara langsung dengan pelanggan.

Tidak berlebihan

Dalam menggunakan sosial media kita harus selalu bijak. Tidak perlu berlebihan dengan tujuan menarik perhatian dari audiens. Kamu tidak perlu sampai mengunggah banyak foto yang tidak berhubungan dengan apa yang seharusnya menjadi konten bisnis kamu. Boleh saja sebagai selingan kamu mengunggah konten diluar konten bisnis kamu, tapi tetap tidak boleh melebihi porsi dari konten bisnis yang seharusnya menjadi prioritas.

Buat strategi konten menarik untuk menjangkau audiens

Audiens membutuhkan sesuatu yang menarik dan tentu saja bermanfaat bagi mereka. Sosial media menjadi media mereka untuk mendapatkan banyak informasi yang tidak mereka tahu dalam dunia nyata. Membuat konten yang pas dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh audiens sosial media kita memang tidak mudah.

Tapi selagi kita terus melihat dan mencari apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh audiens untuk dibaca dan penting untuk di share, maka cobalah untuk membuat dan memposting hal tersebut. Konten yang menarik akan membawa banyak audiens untuk melihat konten kita lebih dalam.
Beberapa tips di atas dapat Anda terapkan saat melakukan promosi di media sosial. Selamat mencoba!

Berikan Rating anda untuk tulisan ini

May 21

Strategi Social Media Efektif yang Mudah Dilakukan 5/5 (1)

By Cynthia Cecillia | Social Media

Saat ini tidak bisa dipungkiri lagi social media merupakan salah satu marketing tool paling dashyat yang pernah ada.  Status update di facebook dan timeline di twitter mampu masuk kedalam ranah personal banyak orang dan tentunya mendekatkan pemilik brand dengan konsumennya. Social Media merupakan cara branding baru yang terbukti cukup efektif asalkan si pemilik brand mengetahui bagaimana caranya merencanakan marketing lewat strategi social media dengan baik. Jika anda masuk ke dalam social media tanpa sebuah plan yang baik maka bisa dipastikan anda akan mengalami kegagalan.

Seluruh kerja keras, waktu dan biaya yang anda telah keluarkan akan menjadi sia-sia, anda takkan memperoleh traffic signifikan, engagement dengan konsumen tidak akan terjalin dan bahkan tidak akan ada yang peduli.  Hanya karena social media itu merupakan tools yang gratis bukan berarti anda tak punya rencana untuk masuk kedalamnya.

Social media memiliki batasan yang harus anda taklukan.  Dalam hal ini batasan dalam strategi social media adalah informasi bagaimana menggunakannya secara efektif.  Sebelum anda menggunakan social media sebagai marketing tools untuk bisnis anda maka anda harus memahami bagaimana menggunakannya. Berikut tips social media yang bermanfaat bagi Anda.

Secure your brand

Langkah pertama untuk merencanakan strategi social media yang sukses dalam jangka waktu panjang adalah dengan dengan mengamankan seluruh brand anda di setiap social media.  Nama brand anda adalah yang terpenting anda harus mengamankannya dengan mendaftarkannya di berbagai situs social media.  Tentunya akan lebih baik jika memiliki nama brand yang sama dengan nama domain, facebook serta twitter yang sama.

Jangan tunggu sampai anda membutuhkannya, lebih baik ambil semuanya sekarang dan ketika anda siap dengan strategi social media anda maka seluruh username itu sudah terdaftar atas nama anda.  Memiliki keseragaman nama brand dalam social media sangatlah penting untuk membangun kepercayaan untuk para konsumen dan tentunya baik apabila brand anda diekspos di media massa. Memiliki username yang berlainan hanya akan membingungkan konsumen serta targat audience yang lain

Menyiapkan strategi

Persiapan strategi ini sendiri terdiri dari dua bagian yaitu mengevaluasi internal aset anda dan mengevaluasi kompetisi. Implementasi dari social media itu sendiri dibantu oleh aset yang telah ada yaitu brand messaging, keunikan website anda, content management system serta budget untuk social media itu sendiri. Social media memang merupakan tools yang gratis namun untuk membuat brand anda dikenal lewat social media tentu membutuhkan biaya.

Environmental scan dan competitive analysis

80 persen waktu yang dihabiskan untuk membangun sebuah strategi social media adalah dengan melakukan research dan mengevaluasi kompetitor. Research dan evaluasi kompetitor atau brand sejenis merupakan salah satu hal terpenting dalam merencanakan sebuah strategi social media.Environmental scan sendiri berisi sebetulnya kompetisi seperti apa yang tengah berlangsung, apa yang mereka lakukan, siapa saja yang berhasil dalam menggunakan social media dan siapa yang tidak termasuk dengan menggali ide-ide segar.

Seperti misalnya kita bisa melihat bagaimana starbucks berhasil menggunakan isu lingkungan lewat social medianya dalam hal ini facebook.  starbucks Indonesia pernah melakukan kampanye facebook dengan memberikan bibit tanaman yang diletakkan dalam wadah kopi starbucks dan hasilnya kampanye tersebut berhasil dan menjadi sorotan media.

Pelajari karakteristik media sosial

Media sosial sendiri memiliki karakteristik berbeda seperti misalnya terdapat perbedaan begitu mendasar dalam pendekatan audience pada facebook dan twitter.  DI twitter anda bisa melakukan pendekatan yang lebih personal ke masing-masing follower. Tidak mengenal karakteristik social media maka anda takkan bisa meraih banyak fans atau penggemar. Strategi social media anda mungkin berhasil di facebook namun ternyata jika diterapkan di twitter hasilnya berbeda jauh.  Seperti misalnya kampanye 1,000,000 fans dove di facebook berhasil dan amat menarik namun tentunya tidak bisa serta merta di terapkan di twitter. Seperti brand Rinso dari Unilever yang memiliki akun twitter missresik dan melakukan personifikasi sebagai seorang ibu rumah tangga yang memiliki beragam tips agar cucian tetap bersih.  Twitter juga memungkinkan audience dan brand terhubung lebih personal.

Namun yang perlu diperhatikan jika brand anda sudah terjun dalam social media anda harus benar-benar memperhatikan dan menjawab seluruh respons ini dikarenakan kecepatan respon adalah hal yang diandalkan dalam social media.  Percuma saja anda memiliki akun twitter dan facebook dengan jutaan penggemar atau follower tanpa dibarengi dengan kecepatan respon itu sendiri.

Designing the strategy

Setelah anda sudah mempelajari karakteristik dari social media tersebut dan anda sudah menyiapkan strateginya maka selanjutnya adalah mendesign strateginya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam social media adalah menulis content yang sesuai tentunya untuk target audience yang pas, membangun kepercayaan dan akhirnya membuat orang melakukan suatu tindakan. Anda harus menciptakan sebuah space untuk online audience anda mengenai hal-hal yang ingin mereka diskusikan.

Salah satu bagian penting dari social media strategy ini adalah mengetahui jenis percakapan seperti apa yang anda ingin bangun di akun brand anda nantinya. Penelitian menunjukkan bahwa di social media orang lebih bebas berekspresi tanpa batasan yang kaku.  Untuk itu percakapan tidak selalu harus mengenai brand anda dan bahkan sebaiknya tidak membicarakan brand itu sendiri namun lebih kearah manfaatnya serta hal-hal menarik mengenai itu. Seperti misalnya pada akun missresik dari rinso lebih memaparkan mengenai cara-cara menghilangkan noda, mencuci bersih dan tips seputar kebersihan lainnya.

Mengukur dan mengevaluasi kesuksesan

Ketika anda sudah memilih channel social media yang tepat dan memiliki strategi yang sesuai maka satu hal terpenting adalah mengukur kesukesan itu sendiri. Apakah dengan follower yang bertambah di twitter atau puluhan ribu bahkan jutaan fans sudah membuat brand ada sukses. Apa yang hendak anda tuju dalam hal ini, hanya brand awareness atau memang targetnya adalah sales, ini perlu diperhatikan dari awal.  Kunci kesuksesan dalam social media adalah ketika social media tersebut membantu brand anda mencapai tahap-tahap tujuannya apakah memang hanya sekedar awareness atau berimpact pada penjualan.

 

[sociallocker] Download Disini [/sociallocker]

 

Sribuddies, anda sudah mengetahui nih apa yang harus disiapkan jika anda ingin membawa usaha anda masuk dalam social media. Kuncinya adalah persiapan yang matang, strategi yang jelas serta pemahaman mengenai apa yang diinginkan oleh target audience anda.

Berikan Rating anda untuk tulisan ini

May 20

Tips Beriklan di Facebook Untuk Situs Toko Online atau E-Commerce Belum ada Rating.

By Cynthia Cecillia | Social Media

Google dan Facebook adalah media yang disukai banyak orang dalam bisnis online untuk mengiklankan situs toko online mereka. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak memanfaatkan uang iklan mereka dengan baik, terutama di Facebook yang terus berubah dan terus memperbarui halaman iklan mereka.

Berikut adalah tips untuk beriklan di Facebook yang tidak begitu rumit untuk dilakukan. Diharapkan dengan beberapa tips ini dapat meningkatkan kinerja dari iklan Facebook anda.

Berhentilah untuk meningkatkan Facebook fans

Apakah anda masih ingat hari-hari indah dulu dimana orang-orang membual tentang jumlah dari Facebook fans yang mereka punya? Karena anda perlu meningkatkan penjualan ke situs toko online anda, jumlah Facebook fans tidak menjamin peningkatan traffic setiap kali anda membuat postingan baru. Coba berpikir tentang email blast anda, jumlah persentase dari subscribers yang membuka email anda adalah metrik utama.

Menurut riset terbaru, kurang dari 3% dari Facebook fans yang akan melihat postingan terbaru anda. Jika anda memiliki 10.000 Facebook fans, itu berarti secara organik anda hanya bisa menjangkau rata-rata 300 pengguna Facebook. Bergantung dari tujuan iklan anda, alangkah lebih baik jika anda mengaktifkan Page Post Engagement untuk menggapai audience yang lebih besar yang akan mendorong traffic ke situs toko online anda.

Mudahkan orang untuk mengunjungi website anda secara langsung

Mungkin anda telah sering melihat bahwa banyak pengiklan yang terobsesi untuk meningkatkan Facebook fans mereka, tetapi mengabaikan iklan dengan link yang langsung mengarah ke website. Selain Page Post Engagement, klik ke website (atau website conversion) adalah jenis iklan yang harus diperhatikan oleh situs toko online atau ecommerce.

Cobalah pikir, daripada meningkatkan Facebook fans yang hasilnya tidak bisa anda lihat langsung, anda bisa mendorong traffic ke website anda melalui iklan seperti ini. Satu-satunya tugas yang anda perlukan adalah menghitung apakah biaya (CPM atau CPC) yang anda investasikan akan memberikan return yang baik terhadap ROI anda.

Coba gunakan Custom Audience

Tidak banyak pengiklan yang tahu fitur ini, walaupun sudah lama tersedia, sampai Facebook mempromosikannya di halaman iklan mereka. Jika anda sudah memiliki jumlah daftar email yang cukup banyak, anda bisa mencoba Custom Audience. Jika tidak, abaikan tips ini.

Coba bayangkan, dengan sebuah daftar leads/petunjuk yang potensial, anda bisa meng-upload-nya ke Facebook (dan Facebook akan melakukan matching) lalu menawarkan iklan anda ke pengguna Facebook tersebut. Anda juga bisa melakukan pengecualian, dengan meng-upload daftar email dari customer anda agar mereka tidak menjadi target dari  kampanye iklan anda, dengan tujuan untuk berhemat dan mengurangi biaya akuisisi.

Menargetkan iklan ke grup berdasarkan hobi mereka

Iklan di Facebook memungkinkan anda dengan mudah untuk melakukan marketing yang segmented, jadi cobalah untuk menghindari kampanye iklan yang terlalu luas. Apalagi, Facebook telah mempermudah pengiklan untuk menargetkan audience mereka berdasarkan ketertarikan/hobi.

Berdasarkan perspektif online retailer, akan lebih baik untuk menggapai 9 juta pengguna dengan ketertarikan pada “Shopping dan fashion” daripada menggapai pengguna yang luas hingga 13.6 juta orang. Jika anda menjual handbag, anda bisa lebih spesifik menggapai (1.6 juta pengguna) dengan mendefinisikan “Shopping dan fashion > Fashion accessories > Handbags”.

Gunakan Power Editor untuk menargetkan audience berdasarkan device/gadget mereka

Pernahkan anda mengecek bagaimana kinerja iklan Facebook anda di desktop dan mobile? Jika tidak, coba cek tool web analytic anda untuk mengukur apakah traffic mobile dari iklan Facebook anda menghasilkan konversi, dan bagaimana perbandingannya dengan desktop?

Jadi, apa yang perlu anda lakukan jika traffic mobile yang datang dari iklan Facebook tidak menghasilkan konversi sebaik desktop? Jelas, jawabannya adalah berhenti atau mengurangi anggaran untuk iklan mobile di Facebook, terutama jika website anda tidak teroptimasi untuk perangkat mobile. Sayangnya, Facebook tidak menyediakan cara langsung untuk mengatur hal ini, anda hanya bisa melakukannya via Power Editor. Di bagian placement, pilih “Desktop only” bukan “Desktop and Mobile”. Jika tujuan iklan anda untuk pengguna mobile, anda bisa pilih placement ke “Mobile only”.

Semoga tips-tips di atas bisa berguna bagi bisnis online anda. Selamat beriklan di Facebook!

Berikan Rating anda untuk tulisan ini