Language:

Search

Mengenal Teknologi Jaringan 5G dengan Kecepatan Luar Biasa

  • Share this:
Mengenal Teknologi Jaringan 5G dengan Kecepatan Luar Biasa

Teknologi jaringan 5G merupakan salah satu yang paling dinanti oleh berbagai kalangan di Indonesia. Jaringan ini dikenal memiliki kecepatan yang luar biasa dan dapat diaplikasikan ke berbagai bentuk teknologi lain. 

Di beberapa negara, 5G sudah tersedia dan bahkan sudah mulai diaplikasikan bada berbagai kepentingan. Di Indonesia sendiri, jaringan ini sudah mulai hadir dan dimanfaatkan. 

Sayangnya masih belum menyeluruh, hanya ada beberapa kota dan tempat tertentu saja. Selain itu, kecepatan yang dihasilkan juga masih belum maksimal seperti di negara lain.

Pembangunan teknologi jaringan 5G masih terus dilakukan hingga semua orang di berbagai daerah bisa merasakannya. Sebelum itu,tentunya Anda harus mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan 5G dan kelebihannya. 

Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini kami akan mengulas lebih detail mulai dari pengertian hingga implementasi 5G. Simak selengkapnya berikut ini. 

Mengenal Apa Itu Teknologi Jaringan 5G 

Jaringan 5G merupakan istilah dari penyebutan generasi kelima standar telekomunikasi. Setiap generasi memiliki fasenya tersendiri dan standarnya masing-masing. Misalnya saja 1G, 2G, 3G, atau 4G. 

Standar yang dimaksud adalah pedoman yang memang sudah ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU). Secara umum dijelaskan bahwa 5G memiliki standar latency hingga 1ms. 

Artinya, kecepatan loading halaman website menggunakan jaringan ini sangat cepat. Nilai tersebut 10 kali lebih rendah dari generasi sebelumnya, atau 4G. Teknologi jaringan 5G juga mampu mencapai 1 juta pengguna dalam radius 1 km. 

Hal ini juga 10 kali lipat lebih tinggi dari teknologi 4G. Kecepatan jaringan 5G bahkan diklaim mencapai 10 Gbps, yang antinya 10 kali lebih cepat dari jaringan fiber optic dan 600 kali lebih cepat dari jaringan 4G. 

Artinya, Anda bisa mengunduh film berkualitas 4K hanya dalam 25 detik saja. Hal ini diklaim oleh perusahaan jaringan Korea Selatan yang sudah menggunakannya terlebih dulu. Pengaplikasian 5G juga sangat luas. 

Pita frekuensi band rendah teknologi jaringan 5G untuk jaringan TV dan seluler, yaitu mencapai 1 GHz. Dengan pita tersebut membuat jangkauannya jauh lebih luas dan mencangkup daerah-daerah pedesaan. 

Sedangkan untuk frekuensi mid-band 5G memiliki nilai 1 dan 6 GHz. Kecepatannya sangat baik, dengan kecepatan puncak mencapai 1Gbps. Di Indonesia sendiri, kecepatannya belum mencapai batas maksimal. 

Untuk mencapai batas maksimal, Anda harus menggunakan mmWave. Sayangnya, tidak semua orang dapat menikmatinya. Sebab, mmWave perlu menggunakan nirkable di atas 6 GHz. Bagi pengguna seluler, Anda harus mengganti perangkat untuk merasakan teknologi 5G. 

Selain itu, agar lebih maksimal Anda harus berada di radius 100 meter dari pemancar. 

Implementasi dari Jaringan Teknologi Jaringan 5G 

Jaringan 5G dapat diimplementasikan di berbagai sektor, terutama di era industry 4.0. Selain karena kecepatannya, kestabilan jaringan ini juga sangat baik. Dengan demikian sangat aman untuk beberapa sektor, bahkan sektor kesehatan. 

Teknologi jaringan seluler generasi kelima ini juga digadang-gadang sebagai jaringan seluler yang mampu berkontribusi besar dalam industri. Tentunya hal ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa implementasi dari teknologi jaringan 5G:

  • Meningkatkan Kualitas Streaming Video

Salah satu aspek yang membentuk jaringan 5G adalah enchance mobile broadband (eMBB). Kecepatan eMBB dalam jaringan 5G sangat tingi, sehingga dapat meningkatkan kualitas video streaming. Jika teknologi 4G mampu menampilkan kualitas video hingga 4K, maka pada jaringan 5G kualitasnya mencapai 8K. Hal ini menjadi kabar baik bagi Anda yang suka menonton video streaming.

  • Smart City

Smart City sudah mulai dirintis dari beberapa tahun lalu. Bahkan, sudah ada beberapa kota yang menerapkan smart city seperti Jakarta dan kota besar lainnya. Penerapan teknologi jaringan 5G terdapat pada sistem informasi dan keamanannya. Sehingga, pengunjung tidak perlu menggunakan cara manual untuk memperoleh informasi dari kota tersebut.

  • Efisiensi dalam Siaran Langsung

Kecepatan jaringan seluler ini juga sangat berpengaruh kepada siaran langsung. Siaran Anda akan langsung terkoneksi kepada audiens dan kualitas gambar pada siaran tersebut juga akan sangat baik.

  • Operasi Jarak Jauh dalam Bidang Kesehatan

Kecanggihan dari teknologi jaringan 5G juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan, yaitu untuk alat operasi jarak jauh. Dengan memanfaatkan teknologi ini, dokter tidak perlu lagi datang ke rumah sakit untuk mengoperasi.

  • Manfaat Dalam Bidang Keamanan

Dalam bidang keamanan, tentu saja jaringan 5G sangat berguna dalam bidang keamanan. Bahkan, saat ini banyak pengaplikasiannya. Misalnya saja resolusi CCTV yang membaik, perangkat keamanan pintar, dan masih banyak lainnya. Teknologi seluler yang semakin maju terus meninggikan standarnya. Hal ini terlihat pada teknologi jaringan 5G yang semakin superior dan banyak pemanfaatannya.


Tags:
ZULFIANTO ..

ZULFIANTO ..

Sejak tahun 2014 saya menjadi seorang Internet marketer, mentor BelajarServer.com, Web Desain, Kelas Email Marketing, Founder Mautic Academy Indonesia ,Konsultan dan layanan jasa Email marketing dan Founder e-Jasa Digital Marketing.