Language:

Search

Ketahui Cara Mengaktifkan Google Translate Otomatis di Android Dengan Mudah!

  • Share this:
Ketahui Cara Mengaktifkan Google Translate Otomatis di Android Dengan Mudah!

Translate otomatis di android dapat membantu pengguna dalam menerjemahkan semua bahasa dengan cepat. Namun perlu tahu cara mengaktifkan Google Translate otomatis di android untuk memudahkannya. Dijamin penggunanya bisa memahami informasi dari seluruh bahasa. 

Penggunaan Google Translate sangat memudahkan untuk menerjemahkan berbagai macam bahasa. Ditambah Google Translate ini juga dapat diatur untuk menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya dan bahasa lainnya yang diinginkan.

Cara Mengaktifkan Google Translate

Google Translate sendiri dapat diaktifkan secara otomatis pada ponsel android. Pengguna pun juga bisa menggunakan Google Translate ini tanpa harus mengetik teks terlebih dahulu. 

Namun untuk menggunakan fitur ini pengguna harus masuk dan terhubung dengan Google Chrome. Berikut cara mengaktifkan Google Translate otomatis di android yang bisa diikuti:

  • Buka aplikasi Chrome yang ada pada ponsel/tab android.
  • Di sisi kanan atas sebelah kolom URL, pilih Lainnya.
  • Klik menu Lainnya dan pilih menu Setelan dan Bahasa.
  • Akan muncul tulisan “Bahasa Chrome” dan ketuk bahasa yang digunakan saat ini.
  • Setelahnya akan muncul pilihan daftar bahasa dan pilih bahasa apa yang diinginkan.
  • Jika sudah memilih bahasa, unduh dan mulai ulang pada toolbar.

Setelah langkah tersebut diikuti dan proses pengunduhan selesai akan muncul “Bahasa sudah siap” pada bagian bahasa yang baru dipilih. Secara otomatis bahasa akan langsung diterjemahkan ke bahasa yang sudah dipilih.

Apabila pengguna membuka halaman dan menggunakan bahasa asing yang tidak dimengerti, pengguna bisa menggunakan Chrome. Dengan cara mengaktifkan Google Translate di android seperti di atas, maka pengguna dapat langsung menerjemahkan bahasa. Pengguna bisa melakukan cara ini:

  • Buka Chrome apa ponsel atau tab.
  • Kemudian buka halaman atau laman yang ditulis dengan bahasa asing.
  • Pilih bahasa yang digunakan pada bagian bawah.
  • Saat itu juga Chrome akan langsung menerjemahkan halaman tersebut satu kali saja.

Fitur Google Translate

Tidak banyak yang tahu tentang fitur yang ada pada Google Translate. Kebanyakan pengguna hanya menganggap Google Translate adalah mesin penerjemah melalui teks. Namun siapa sangka ada fitur lain yang dapat digunakan untuk membantu menerjemahkan:

1. Instant Camera Translation

Pengguna cukup mengarahkan kamera ponsel pada objek yang dipilih. Maka secara otomatis Google Translate akan membaca bahasa yang ditangkapnya. Untuk menjadi perhatian juga bahwa fitur ini hanya dapat mendeteksi font tulisan yang sederhana.

2. Speak to Translate

Tak jarang pengguna sedang menonton film namun tidak ada terjemahan atau ketika berbicara dengan native namun tidak dapat mendengar dengan jelas. Pada fitur ini akan menangkap suara yang didengar dan menerjemahkannya dalam bahasa yang dipilih pada layar ponsel/tab.

3. Handwriting

Seperti dengan namanya Handwriting, disini pengguna dapat menuliskan apapun pada kotak yang sudah disediakan. Termasuk juga pengguna menuliskan dengan bahasa asing. Google Translate akan membaca apa yang ditulis pada kolom tersebut lalu menerjemahkannya.

4. Terjemahan Offline

Untuk menggunakan fitur ini pengguna harus mengunduh bahasa terlebih dahulu. Setelahnya ikuti prosesnya hingga selesai dan pilih Offline translation. Sayangnya untuk fitur offline ini masih banyak bahasa yang tidak tersedia.

5. Tap Untuk Translate

Tidak jarang pengguna memerlukan Google Translate untuk menerjemahkan teks yang muncul pada ponsel. Seperti di atas, untuk menggunakan dengan Google Chrome yang sudah diatur secara otomatis.

Cara mengaktifkan Google Translate otomatis di android tersebut sangat memudahkan bagi penggunanya untuk menerjemahkan bahasa asing dengan cepat. Bukan hanya sekadar menerjemahkan tetapi juga sebagai sarana belajar bahasa asing. Tidak ada salahnya untuk mengaktifkan fitur tersebut untuk diterapkan pada aplikasi lainnya.

ZULFIANTO ..

ZULFIANTO ..

Sejak tahun 2014 saya menjadi seorang Internet marketer, mentor BelajarServer.com, Web Desain, Kelas Email Marketing, Founder Mautic Academy Indonesia ,Konsultan dan layanan jasa Email marketing dan Founder e-Jasa Digital Marketing.